Ini Tanggapan Robert Usai Persib Dinyatakan Granted AFC Club Licensing Cycle 2020

Ini Tanggapan Robert Usai Persib Dinyatakan Granted AFC Club Licensing Cycle 2020
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan apresiasi kepada timnya lantaran dinyatakan granted AFC Club Licensing Cycle 2020. Keputusan itu dikeluarkan melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan di Hotel Harris FX, Jakarta, pada Kamis (19/11/2020) lalu.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini.

"Ya, saya pikir itu sangat penting bagi Persib bisa mendapat lisensi AFC dan saya tidak pernah ragu soal itu. Mengetahui profesionalisme yang diperlihatkan klub dan orang-orang yang bekerja di klub. Jadi bagi saya memang sudah selayaknya Persib mendapat lisensi itu," ujar Robert saat dihubungi. 

Namun, pelatih asal Belanda ini tidak mengetahui tim yang mana yang akan mewakili Indonesia di kejuaraan yang diselenggarakan AFC. Sebab sejauh ini kompetisi di Indonesia masih tertunda dan bakal rampung pertengahan tahun depan. 

"Saya tidak memaksakannya, tapi saya harap Persib," kata Robert.(Muhammad Ginanjar)