Sejumlah SOR di Kota Bandung Diusulkan Menjadi Ruang Isolasi Darurat Khusus OTG

Sejumlah SOR di Kota Bandung Diusulkan Menjadi Ruang Isolasi Darurat Khusus OTG
istimewa

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku telah mengusulkan ruang publik, dan sejumlah sarana olahraga kepada Pemprov Jabar sebagai tempat isolasi bagi pasien orang tanpa gejala (OTG). 

Hal itu dikatakannya bukan tanpa alasan. Pasalnya, ketersediaan ruang isolasi di sejumlah rumah sakit Kota Bandung kini telah menyentuh angka 87,15 persen. Dari total 903 tempat tidur, kini hanya tinggal menyisakan sebanyak 116 saja. 

Sementara khusus untuk pasien OTG, disebutnya, keterisian ruang isolasi terutama hotel telah mencapai 64,06 persen. Dari total sebanyak 64 tempat tidur yang tersedia, kini hanya tinggal menyisakan sebanyak 23  tempat tidur. 

"Kita sebenarnya telah merencanakan, dan sebagai antisipasi, juga opsi penggunaan sarana publik untuk tempat isolasi pasien OTG. Salah satunya adalah penggunaan tempat olahraga," kata Oded, Jumat (4/12/2020). 

Adapun sejumlah tempat olahraga yang dapat dipergunakan sebagai ruang isolasi, dituturkannya seperti sarana olahraga (SOR) Arcamanik, SOR Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), SOR Padjajaran, dan sejumlah tempat olahraga lainnya. 

"Ke depan kita berupaya, termasuk melakukan koordinasi dengan provinsi. Pada intinya kita harus siap, karena dikhawatirkan kasus penyebaran Covid-19 ini akan terus meningkat, dan tempat olahraga ini di khusus kan bagi pasien orang tanpa gejala," ucapnya. (Yogo Triastopo)