Pemkot Bandung Pastikan Penuhi Layanan Selama Pandemi

Pemkot Bandung Pastikan Penuhi Layanan Selama Pandemi
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan akan berusaha menunjang pelayanan kepada masyarakat selama pendemi Covid-19. Tak hanya fasilitas, tetapi juga soal kesiapan tenaga kesehatan (nakes).

"Satgas Covid-19 akan selalu menyeimbangkan antara fasilitas dan nakes. Seperti RSKIA diminta menambah tempat tidur. Mungkin tempatnya ada, nakesnya yang belum menunjang. Nanti saya tanyakan, mudah-mudahan bisa, nakes dan tempat tidurnya tersedia," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jumat (4/12/2020). 

Menurutnya, Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung saat ini masih dalam proses rekrutmen nakes. Namun ditegaskan dia, Pemkot Bandung sampai sekarang tidak melakukan perekrutan tenaga dari luar kota.

"Riskan juga kalau merekrut dari luar," ucapnya. 

Yana mengakui, penyediaan nakes memang bukan hal mudah. Karena disebut dia, membutuhkan keterampilan sesuai dengan fasilitas yang ada. Lainnya, nakes pun dituntut harus memiliki kemampuan atau sikap kerja yang sesuai dengan kebutuhan. 

"Tidak gampang, RSKIA Kopo kita bangun, kemudian untuk bisa dimanfaatkan optimal bukan infrastruktur saja, tapi nakesnya juga. Punya kompetensi yang khusus. Maka saya berharap, lewat kolaborasi ini bisa mempercepat pemenuhan SDM yang berkualitas," ujar dia. (Yogo Triastopo)