Omset Penjual Tanaman Hias Melonjak Lima Kali Lipat

Omset Penjual Tanaman Hias Melonjak Lima Kali Lipat
Foto: Doni Ramdhani

INILAH, Bandung - Saat pandemi Covid-19 melanda, mayoritas masyarakat banyak beraktivitas di rumah. Sesuai anjuran pemerintah, warga memilih untuk tidak berkegiatan dan berkerumun di luar ruangan.

Imbas anjuran tersebut, sejumlah penjual tanaman hias di Kota Bandung kini omsetnya meningkat signifikan. Bahkan, ada yang mengaku sejak pandemi berlangsung penjualannya naik hingga lima kali lipat.

Mang Ujang (55), pedagang kembang di Taman Cibeunying, Kota Bandung mengaku kenaikan itu terjadi sejak lima-enam bulan ke belakang. Kini, saban akhir pekan kiosnya selalu dipadati konsumen yang kebanyakan emak-emak.

"Kalau dihitung-hitung, sebentar, omset saya sekarang bisa naik tiga sampai lima kali lipat dari biasanya. Ya, alhamdulillah pandemi ini mendatangkan rezeki bagi saya dan keluarga," kata Mang Ujang, Minggu (6/12/2020).

Dia mengaku, kebanyakan konsumen yang datang ke kiosnya mencari tanaman hias yang lagi nge-tren di media sosial. Namun, tak sedikit dari ibu-ibu yang berkunjung itu tetap mencari bunga yang selalu dicari seperti anggrek dan mawar.

Rupanya, tak hanya para pedangan tanaman hias saja yang ketiban rezeki pandemi. Mang Asep (53) pun kini jualannya cepat habis. Di kiosnya, dia hanya menjual media tanam dan pot wadah tanaman.

"Kalau saya sih naiknya nggak terlalu tinggi. Paling bisa nyampai tiga lipat saja," sebutnya.

Dari pantauan INILAH, kendati tampak sejumlah konsumen bergerombol namun mereka tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan. Konsumen dan penjual sama-sama memakai masker dan saling berinteraksi tanpa berdekatan. 

Bahkan, di antara puluhan kios yang berjajar itu terdapat titik keran air untuk mencuci tangan. Di situ pun disediakan sabun antiseptik untuk dipakai. (Doni Ramdhani)