Amankan Pilkada Serentak 2020, Polda Jabar Turunkan 6.975 Personel

Amankan Pilkada Serentak 2020, Polda Jabar Turunkan 6.975 Personel
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menurunkan 6.975 personel dalam rangka mengamankan Pilkada Serentak yang digelar 8 daerah di wilayah hukumnya. Seluruh personel sudah menjalani rapid dan swab test Covid-19.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan, terdapat sejumlah polres yang telah diinstruksikan dalam rangka pengamanan kontestasi politik lima tahunan tersebut. Diantaranya, Polres Bandung, Polres Karawang, Polres Cimahi, Polres Sukabumi Kota, Polres Indramayu, Polres Cianjur, Polres Tasikmalaya Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, dan Polres Ciamis.

"Masing-masing untuk Polres Bandung itu sebesar 693 personel, Polres Karawang 943 personel, lalu Polres Cimahi 100 personel, kemudian Polres Sukabumi Kota 395 personel, kemudian Polres Sukabumi 883 personel kemudian Polres Indramayu 796 personel lalu Polres Cianjur 1.340 personel dan Polres Tasikmalaya Kota 636 personel dan Tasikmalaya 582 serta Polres Ciamis 607 personel," ucap Erdi saat ditemui di MapoldaJabar, Minggu (6/12/2020).

Lebih lanjut, Erdi menyebutkan semua personel yang diturunkan itu telah dilakukan rapid dan swab test Covid-19. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman bagi penyelenggada Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19.

"Mulai tanggal 2 kemarin itu masing-masing polres sudah melaksanakan kegiatan yang untuk anggota yang geser ke TPS nanti tuh, sudah melaksanakan rapid test dan swab kemudian dengan swab antigen. Di sini, pelaksanaan nanti geser pasukan tanggal 7 namun pelaksanaan rapid test itu sudah mulai dari sekarang," ujar Erdi.

Rencanaya, ribuan personel tersebut akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Diantaranya, ada yang melakukan penjagaan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan di tempat penyimpanan kotak suara.

"Semuanya sudah diplotting oleh polres masing-masing, di mana kekuatan TPS-nya kemudian nanti penyimpanan kotak suara. Itu sudah diatur dalam rangka pengamanan," tuturnya.

Selain itu, Erdi menambahkan khusus untuk kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat pun akan diamankan personel dari Polrestabes Bandung.

"Sudah dilakukan pengamanan (KPU Jabar), yang melakukan pengamanan dari tim Polrestabes ya," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)