Wajib Tahu! Makanan-makanan ini Jadi Favoritnya Kaum Jin

Wajib Tahu! Makanan-makanan ini Jadi Favoritnya Kaum Jin
Ilustrasi/Net

SEPERTI manusia, jin pun harus mengisi perut agar bertahan hidup. Lantas, apa saja makanan mereka? Adakah yang biasa kita temui sehari-hari?

Ternyata, memang yang dimakan jin tak lepas dari kehidupan kita. Berikut ini daftarnya seperti dikutip dari artikel Ustaz Ammi nur Baits di konsultasisyariah.coom:

[1] Tulang dari binatang yang disembelih dengan menyebut nama Allah

[2] Kotoran hewan, dan ini menjadi makanan hewan jin

Dari Ibnu Masud Radhiyallahu anhu, bahwa para Jin datang kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan meminta kepada beliau makanan yang halal. Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada mereka,

"Makanan halal untuk kalian adalah semua tulang hewan yang disembelih dengan menyebut nama Allah. Ketika tulang itu kalian ambil, akan penuh dengan daging. Sementara kotoran binatang akan menjadi makanan bagi hewan kalian." (HR. Muslim 450)

[3] Makanan yang dikonsumsi umumnya manusia. Karena jin juga turut makan bersama kita.

[4] Makanan yang haram, seperti bangkai dan hewan yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah.

Sebagaimana manusia muslim dilarang untuk makan hewan yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah, jin muslim juga dilarang untuk memakannya. Sehingga binatang semacam ini dimakan oleh jin kafir. (Alam Jin wa Syayathin, Dr. Umar al-Asyqar, hlm. 20)

Semua keterangan di atas sekaligus mengajarkan kita beberapa adab agar kita tidak terganggu jin. Demikian, Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]