Tahun Ini, Daop 2 Gelontorkan Dana TJSL Senilai Rp2 Miliar

Tahun Ini, Daop 2 Gelontorkan Dana TJSL Senilai Rp2 Miliar
istimewa

INILAH, Bandung - Kendati saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, namun jajaran Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung tetap berkomitmen memberikan kontribusi kepada masyarakat. 

Khusus di wilayah operasional Daop 2, kontribusi tersebut berupa penyaluran program tangggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang merupakan komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga keseimbangan lingkungan hidup secara berkesinambungan. 

Manager Humas Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, sepanjang 2020 ini tercatat pihaknya menyalurkan program TJSL senilai Rp2.044.806.550.

Menurutnya, penyaluran program TJSL itu terbagi dalam pogram bina lingkungan dan program kemitraan. Program bina lingkungan yakni program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat yang disalurkan dalam bentuk bantuan bencana alam dan bencana non-alam, bantuan pendidikan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan pengembangan prasarana dan sarana umum, bantuan sarana ibadah, bantuan pelestarian alam, dan bantuan sosial kemasyarakatan. 

Sedangkan, program kemitraan yaitu bantuan yang disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri.

Kuswardojo menyebutkan, beberapa wkatu lalu tim TJSL PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyalurkan program kemitraan kepada 20 pelaku usaha tempe tahu yang tergabung dalam Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Primkopti) Kabupaten Cianjur dengan total sebesar Rp1.350.000.000. Bantuan diserahkan di Kantor Koperasi Tempe dan Tahu Indonesia (Kopti) Kabupaten Cianjur pada Rabu (4/12/2020) lalu.

“Semoga brogram TJSL PT KAI ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada seluruh masyrakat di wilayah operasional Daop 2 Bandung. Khusus untuk para pelaku UMKM, kita mengharapkan mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” pungkasnya. (*)