Covid-19 dan Bencana Alam Bikin Kabupaten Bogor Revisi RPJMD

Covid-19 dan Bencana Alam Bikin Kabupaten Bogor Revisi RPJMD
Istimewa

INILAH, Bogor- Diakibatkan pandemi virus corona (Covid 19) dan juga bencana alam pada awal Bulan Januari tahun ini menyebabkan Pemkab Bogor merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Apalagi Kementerian Dalam Negeri sudah membuat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 90 tahun 2020, sebagai acuan penyusunan revisi RPJMD di seluruh daerah.

Revisi RJMD ini paling lambat disahkan  di Bulan April nanti,  karena di Bulan Juni 2021 akan diserahka ke Pemprov Jawa Barat lalu menjadi pedoman pembuatan Kebijakan Umum Anggaran - Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) untuk Tahun 2022 mendatang.

"Karena kondisi Kabupaten Bogor maupun Jawa Barat saat ini sangat berbeda kondisinya karena pandemi Covid 19, maka Pemkab Bogor pada awal tahun 2021 atau tepatnya Bulan Juni harus segera menyerahkan revisi RPJMD Kabupaten Bogor kepada Pemprov Jawa Barat," ucap Kepala Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Suryanto Putra kepasa wartawan, Senin, (7/12).

Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) ini menerangkan bahwa saat ini jajarannya belum bisa menjelaskan point-pount RPJMD yang akan diubah.

"Visi misi Bupati-Wakil Bupati Bogor tidak diubah, hanya point-point RPJMD saja yang direvisi. Saat ini kami sedang melakukan 'public hearing' demi mendapatkan masukan positif dari seluruh unsur masyarakat," terangnya.

Suryanto menuturkan karena pandemi Covid 19, hanya 45 unsur yang diundang secara online, sementara 500 unsur lainnya hanya bisa menghadiri 'public hearing' melalui metode online.

"Unsur pemerinrah daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), media massa hingga wakil rakyat kami undang untuk menghadiri acara  'publ8c hearing' ini. Selain  yang hadir secara offflne, mereka juga hadir secara online dengan menggunakan aplikasi zoom meeting," tutur Suryanto. 

Ia melanjutkan jajarannya sudah berkonsultasi dan terus berkordinasi dengan Pemprov Jawa Barat terkait revisi RPJMD, Pemkab Bogor menargetkan pengesahan revisi RPJMD Kabupaten Bogor tidak jauh setelah revisi RPJMD Provinsi Jawa Barat disahkan Gubernur dan DPRD Jawa Barat. (Reza Zurifwan)