Dinkes Kota Bandung Belum Bisa Pastikan Jumlah Penerima Vaksin 

Dinkes Kota Bandung Belum Bisa Pastikan Jumlah Penerima Vaksin 
net

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita mengaku hingga kini pihaknya belum bisa memastikan jumlah penerima vaksin. Sebab, pemerintah kota masih merampungkan data penerima pasti vaksin Covid-19 di Kota Bandung. 

"Pada prinsipnya, kita telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait pembagian vaksin. Termasuk prioritas penerima vaksin tahap pertama ini. Di situ kan ada persyaratan-persyaratan yang harus terpenuhi," kata Rita di Balai Kota Bandung, Selasa (8/12/2020). 

Menurutnya, koordinasi dengan pemerintah pusat telah dilakukan secara virtual terkait penerima vaksin. Dalam pertemuan daring tersebut, pemerintah secara rinci menjelaskan siap-siapa saja yang akan menjadi prioritas termasuk sejumlah intansi pemerintahan. 

"Seperti tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi prioritas penerima vaksin. Lalu ada TNI AD, Polri, dan petugas yang memang langsung berhubungan dengan masyarakat. Contohnya seperti Satpol PP, Dishub, Diskar PB dan petugas lainnya," ucapnya. 

Rita memprediksi, jumlah penerima vaksin Covid-19 di Kota Bandung akan lebih dari 10.000 orang. Hal itu dituturkannya karena jumlah tenaga kesehatan relatif banyak.

Diketahui, pemerintah telah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada Minggu (6/12/2020). Vaksin yang tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta itu, langsung dibawa menuju kantor pusat Bio Farma Kota Bandung, Senin (7/12/2020). (Yogo Triastopo)