Kota Bandung Raih Penghargaan Raksa Prasada 2020

Kota Bandung Raih Penghargaan Raksa Prasada 2020
istimewa

INILAH, Bandung - Kota Bandung memperoleh penghargaan Raksa Prasada dengan Kategori Kabupaten/Kota Peduli Lingkungan Hidup di Sekolah dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil karena dinilai peduli lingkungan hidup.

Selain itu, Kota Bandung juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui RW 09 Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik sebagai Lokasi Program Kampung Iklim Kategori Utama.

Penghargaan ini diberikan karena RW 09 dinilai aktif melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terintegrasi sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pengendalian perubahan iklim.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Gedung Sate Bandung pada Selasa (8/12/2020). Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2020.

Yana mengatakan, sejatinya pembangunan sebuah daerah harus seimbang dengan pengingkatan kualitas lingkungannya. Namun pemerintah harus berperan mengelola agar dapat menyeimbangkan pertumbuhan peradaban manusia dengan kualitas lingkungan yang baik dalam menunjang pembangunannya.

"Proses perubahan pola pikir dalam mengelola lingkungan adalah sebuah hal yang penting bagi kelangsungan hidup manusia ke depan. Layaknya sebuah investasi, mengelola lingkungan berarti mengelola keberlangsungan hidup manusia di masa depan," kata Yana.

Dia pun bersyukur atas segala upaya inovasi Pemkot Bandung dalam menjaga lingkungan hidup mendapatkan apresiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Ini bukan merupakan sebuah tujuan. Dengan penghargaan ini, Pemkot Bandung akan terus berkomitmen menjaga lingkungan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kota Bandung,” ucapnya. 

Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh instansi, lembaga, sekolah, komunitas hingga masyarakat di Kota Bandung untuk lebih meningkatkan kontribusinya dalam menjaga lingkungan. 

“Melalui penghargaan ini, kami berharap agar semakin banyak sekolah, instansi, dan masyarakat yang termotivasi untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. Karena menjaga lingkungan bukan hanya tugas Pemerintah saja melainkan dibutuhkan peran aktif segala golongan,” ujar dia. (Yogo Triastopo)