PRSI Rekomendasikan Aquatic Center Bekasi Lokasi Porda 2022

PRSI Rekomendasikan Aquatic Center Bekasi Lokasi Porda 2022
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Cikarang - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Jawa Barat merekomendasikan Aquatic Center Kabupaten Bekasi sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga air pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIV Jawa Barat 2022 mendatang.

"Sangat representatif untuk dijadikan venue Porda 2022 mendatang. Sarana dan prasarananya juga sangat memadai," kata Sekretaris Umum PRSI Jawa Barat Vera Ariessa di Cikarang, Rabu.

Vera mengaku Aquatic Center Bekasi telah teruji dalam berbagai ajang dan bahkan lokasi itu juga pernah digunakan untuk pertandingan skala nasional.

"Pelatda PON Papua cabang loncat indah dan renang indah artistik juga digelar di kolam standar internasional ini," katanya.

Kolam yang berlokasi di Komplek Stadion Wibawa Mukti Cikarang itu, kata dia, kini disiapkan sebagai alternatif utama tuan rumah Porda XIV Jabar 2022.

"Venue Porda 2022 bisa dipindah ke sini jika yang ditunjuk sebagai tuan rumah tidak mampu menyiapkan sarana dan prasarana pendukung," katanya.

Diketahui tiga tuan rumah event empat tahunan tersebut yakni Tasikmalaya, Subang, dan Bandung Barat, hingga kini belum mampu menyelesaikan pembangunan arena cabang olahraga (cabor) air tersebut.

"Sedianya untuk cabang olahraga polo air akan dipertandingkan di Kabupaten Bandung Barat. Nomor renang, loncat indah, dan renang indah di Kabupaten Garut yang menjadi representasi tuan rumah Tasikmalaya dan kalau tidak ada halangan kita akan jalankan open water di Pangandaran juga representasi Tasikmalaya," ungkapnya.

PRSI Jawa Barat hingga kini masih menunggu kepastian dari tuan rumah namun mereka juga memberikan isyarat opsi pemindahan lokasi apabila tuan rumah tidak mampu menyiapkannya.

"Bagaimanapun juga Jawa Barat harus mempersiapkan planning atau opsi kedua. Saat ini Bekasi lah yang memang sudah siap menjadi tuan rumah Porda untuk cabang olahraga ini," ucapnya.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi Abdul Halim mengatakan siap jika Aquatic Center ditunjuk menjadi tuan rumah cabang olahraga air pada Porda Jabar 2022 mendatang.

"Kami tengah fokus bagaimana agar pembinaan bisa maksimal. Tentunya sarana dan prasarana penunjang terus juga dimaksimalkan. Termasuk dukungan kepada atlet binaan kami dari segi pola latihan, suplemen, serta kesejahteraan atlet. Untuk Aquatic Center, kami siap jadi tuan rumah Porda Jabar 2022 karena memang secara pengalaman lokasi ini sudah terbukti sukses menggelar sejumlah pertandingan," katanya. (antara)