Neraka Ditampakkan di Padang Mahsyar

Neraka Ditampakkan di Padang Mahsyar
Ilustrasi/Net

KITA mengetahui dan mengakui kebenaran adanya tempat lain yang akan kita singgahi setelah dunia ini, yakni alam akhirat. Hanya, sebelum sampai ke tempat itu, ada beberapa fase tempat yang akan kita lewati.

Salah satunya ialah padang mahsyar.Padang mashyar merupakan tempat dikumpulnya seluruh manusia di muka bumi ini, dari mulai penghuni pertama muka bumi hingga penghuni terkahir di muka bumi. Ada berbagai macam jenis manusia dan tentunya itu yang menentukan keadaan mereka di sana.

Ada satu hal yang membuat orang-orang berdosa gemetar karena merasa sangat takut akan tempat yang ia singgahi nantinya. Apakah itu? Yakni ditampakkan neraka. Hal ini disaksikan oleh umat manusia.

Allah SWT berfirman, "Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam, dan pada hari itu sadarlah manusia, tetapi tidak berguna lagi baginya kesadaran itu," (QS. Al-Fajr: 23).

Muslim berkata di dalam kitab Shahihnya, Umar bin Hafsh bin Ghiyats bercerita kepada kami, ayahku bercerita kepadaku, dari Al Ala bin Khalid Al Kahil, dari Syaqiq, dari Abdullah bin Masud, Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari itu neraka Jahannam didatangkan dengan 70 ribu utas tali kekang, setiap tali kekang terdapat 70 ribu malaikat yang menyeretnya."

Yang demikian ini juga diriwayatkan oleh Tirmidzi secara marfu, dan juga diriwayatkan dari jalur lain oleh Tirmidzi dan Ibnu Jarir secara mauquf. []

Sumber: Bencana dan Peperangan Akhir Zaman Sebagaimana Rasulullah SAW Kabarkan/Karya: Ibnu Katsir/Penerbit: Ummul Qura