Pemerintah Pusat dan Daerah Kudu Menjalin Komunikasi yang Baik

Pemerintah Pusat dan Daerah Kudu Menjalin Komunikasi yang Baik
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Banyak sekali sekolah-sekolah di daerah yang cukup memprhatinkan, salah satunya di Jawa Barat. Pemerintahan daerah (Pemda) dan pemerintah pusat harus lebih sigap dan memiliki komunikasi yang baik. 

"Hal inilah yang harus dijaga komunikasinya karena secara tanggung jawab adalah pemerintah kota atau kabupaten daerah. Tetapi, pemerintah pusat pun tidak mau tutup mata begitu saja," ujar Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Abdul Kahar saat menyerahkan bantuan di SDN 047 Balonggede, Kota Bandung, Jumat (11/12/2020).

Dia mengatakan, pada 2019 lalu pihaknya sudah mengalokasikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terutama yang pembangunan renovasi yang besar. Namun, kalau sifatnya pengadaan kelas-kelas itu ada bantuan-bantuan khusus yang diberikan Kemendikbud.

Ketika ada sekolah yang rusak bangunannya atau tidak layak lagi, hal yang terpenting adalah informasi dan komunikasi kepada daerahnya masing-masing. Sementara pusat menjalin dengan baik, karena ada persoalan yang harus diselesaikan bersama. 

"Tidak bisa mengatakan bahwa itu tugasnya semua daerah. Begitu juga daerah mengatakan bahwa tugasnya pemerintah pusat. Intinya, harus ada komunikasi yang baik, dan ada hal-hal lain ada yang berbagi tanggung jawab," sebutnya.

Menurutnya, jika ada bangunan sekolah yang rusak, pihak sekolah harus segera cepat memperbaikinya melalui kepala Dinas Pendidikan di daerah masing-masing.

"Kalau mengadu, ya dinas (Disdik) saja, karena tanggungjawab pendidikan di kabupaten/kota adalah dinas pendidikan. Kami di Jakarta tidak bisa berbuat apa-apa, kalau Disdik tidak punya data dan sebagainya," kata Abdul. (Okky Adiana)