Dua Kali Tes Swab, Bupati Cirebon Masih Positif Covid-19

Dua Kali Tes Swab, Bupati Cirebon Masih Positif Covid-19
istimewa

INILAH, Cirebon - Pasca terkonfirmasi Covid-19 sepuluh hari yang lalu, Bupati Cirebon Imron masih dinyatakan positif. Padahal, tes swab kali ini adalah swab kedua dalam sepuluh hari terakhir. 

Berbagai macam spekulasi bermunculan. Ada yang menuding, alat swab tidak akurat. Ada juga yang menilai terdapat kesalahan dalam pembacaan hasil.

Hal itu dikarenakan kondisi Imron sendiri yang terlihat sehat, bahkan justru semakin bugar. Hal itu diperkuat dengan pengakuan Kabag Humas Pemkab Cirebon dan ajudan Imron yang setiap hari berinteraksi dengan Bupati. Menurut mereka, selama diisolasi mandiri, Imron sangat bahkan lebih bugar dari biasanya.

"Kemarin saya kesana ketemu beliau. Kondisinya sehat dan beliau mengaku lebih bugar dari biasanya. Saya juga bingung, kenapa Swab yang ke dua masih positif saja," kata Kabag Humas Pemkab Cirebon Nanan Abdul Manan, Minggu (13/12/2020).

Namun, saat uji swab kedua itu kondisi bupati dalam level aman yaitu berada di level 33-34. Hal itu berdasarkan pernyataan tim dokter yang merawat Imron. Dalam level itulah, proses menuju kesembuhan dan aman dari virus corona, tinggal menunggu hitungan hari saja.

"Katanya ada virus yang masih menempel. Mungkin dua atau tiga hari lagi sudah aman.  Tapi swab yang ketiga, kami masih menunggu informasi dari dokter," aku Nanan.

Menurut Direktur RS Arjawinangun Bambang Sumardi, kondisi yang dialami bupati bukan hal aneh. Secara teori, semuanya tergantung kondisi tubuh. Sejak awal, kondisi tubuh bupati ada pada level 18. Namun saat ini sudah naik ke level 33. Namun dengan kondisi tersebut tetap masih ada virus corona dalam tubuh bupati. Artinya, dengan posisi level 33, penyebaran ke orang lain semakin berkurang.

"Itu hal yang wajar. Kalau levelnya sudah 33, penyebaran ke orang lain juga akan berkurang. Mungkin Selasa depan bapa akan di swab lagi. Isolasi sekarang untuk semakin menghilangkan virus corona di tubuh bupati," jelas Bambang.

Terpisah, lewat sambungan telpon selulernya Imron mengaku dalam kondisi baik baik saja. Dirinya juga sempat kaget, ketika swab kedua pasca dinyatakan covid, hasilnya masih saja positif. Namun menurutnya tidak masalah, karena mungkin masih ada virus corona yang masih menempel pada tubuhnya.

"Ya mau bagaimana lagi. Walaupun saya merasa sehat sehat saja, tapi setelah di swab hasilnya masih positif, saya pasrah saja. Yang penting selama isolasi mandiri, saya menerapkan betul protokol kesehatan," akunya.

Imron juga menyarankan kepada warga yang sedang menjalani isolasi, agar memiliki optimisme untuk sembuh. Karena menurutnya, suasana hati yang optimis, sangat berpengaruh untuk pemulihan kesehatan. Imron juga kembali mengingatkan, agar warga Kabupaten Cirebon tetap menjalankan protokol kesehatan. Terutama tetap menerapkan menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker (3M). 

"Saya perintahkan kepada satgas covid 19 Kabupaten Cirebon, untuk terus melakukan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat, terkait covid 19. Saya dapat laporan, banyak masyarakat yang tidak patuh menerapkan protokol kesehatan," tukasnya. (Maman Suharman)