Rektor Unpad ke-7 Yuyun Wirasasmita Tutup Usia

Rektor Unpad ke-7 Yuyun Wirasasmita Tutup Usia
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Rektor ke-7 Universitas Padjadjaran (Unpad) Yuyun Wirasasmita berpulang pada usia 89 tahun, pada Minggu (13/12/2020) pukul 04.37 WIB. Kiprah Yuyun telah banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan Unpad hingga saat ini.

Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan, almarhum bukan hanya seorang pimpinan di Unpad, tetapi sebagai guru yang banyak memberikan suri tauladan bagi generasi di bawahnya.

“Beliau itu kalau sama mahasiswa begitu total. Beliau mencontohkan kita bagaimana mendidik orang bagaimana bekerja (harus) betul-betul punya kontribusi,” ujar Rina, saat ditemui usai upacara pelepasan almarhum Yuyun Wirasasmita di Masjid Aljihad Unpad, Minggu (13/12/2020).

Almarhum Yuyun merupakan Rektor Unpad periode 1982-1990. Selain itu, ahli ekonomi koperasi ini juga pernah dua kali menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (dulu Fakultas Ekonomi) Unpad pada kurun 1964-1968 dan 1977-1982.

Meski banyak menduduki jabatan struktural di lingkungan Unpad, Yuyun tetap aktif menghasilkan beragam karya ilmiah, Tidak kurang dari 175 karya ilmiah sudah dihasilkan. Karya ilmiah Prof. Yuyun Wirasasmita, tidak hanya menjadi referensi ilmiah mahasiswa ekonomi, tetapi juga bagi mahasiswa dari bidang keilmuan lain maupun bagi para pengelola pendidikan tinggi.

Bahkan, Rina menambahkan hingga akhir hayatnya, Yuyun Wirasasmita masih gigih untuk menulis buku. Di tengah perjuangannya melawan sakit, Yuyun masih antusias untuk diajak berdiskusi mengenai bidang ekonomi maupun bidang lainnya.

“Pesan beliau terakhir pada saya, ‘tolong inovasi itu ditumbuhkan di Unpad. Dengan inovasi maka Unpad akan maju’,” kata Rektor.

Sementara itu, Rektor ke-11 Unpad Tri Hanggono Achmad juga memiliki kenangan akan sosok almarhum Yuyun Wirasasmita. Hal yang menonjol dari almarhum adalah prinsip akademiknya. Yuyun selalu mengingatkan akademisi untuk bisa mengimplementasikan ilmu sehingga lebih bermanfaat.

“Salah satunya beliau pernah mendorong Unpad untuk memiliki kawasan sains dan teknologi (KST). Alhamdulillah, akhirnya kita punya KST,” kata Tri.

Selain itu, kepemimpinan akademik Yuyun juga patut menjadi contoh bagi generasi selanjutnya. Menurut Tri, wujud kepemimpinan akademik dari Yuyun adalah memiliki kepedulian yang kuat bahwa akademisi harus bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sedangkan, Rektor ke-10 Unpad Ganjar Kurnia mengatakan almarhum Yuyun Wirasasmita memiliki kemampuan manajerial yang kuat. Ini terlihat dari banyak jabatan struktural yang sudah dijalani Yuyun selama mendedikasikan diri di Unpad.

“Dari sisi fisik, beliaulah yang memulai kepindahan Unpad ke Jatinangor. Dari sisi kelembagaan, saya kira penataan utama dari Unpad salah satunya dihasilkan dari Prof Yuyun,” ujar Ganjar.

Upacara pelepasan almarhum Yuyun Wirasasmita dihadiri sejumlah kerabat, pimpinan, dan seluruh keluarga besar Unpad. Usai pelepasan, almarhum langsung dikebumikan di pemakaman keluarga di Ciwidey. Selamat jalan Yuyun Wirasasmita. (Okky Adiana)