Perhatikan Ekstra Kebutuhan Gizi Anak Saat Pandemi

Perhatikan Ekstra Kebutuhan Gizi Anak Saat Pandemi
istimewa

INILAH, Jakarta - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Indonesia mengkhawatirkan dampak pandemi COVID-19 terhadap status gizi anak-anak.

Kelompok yang paling terdampak, terutama mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu dan rentan.

Terlebih di masa pandemi ini, pemenuhan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi berbagai penyakit.

Karena itu, melalui Kampanye #SunprideBuatKebaikan, Sunpride bekerja sama dengan Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation dan Foodbank of Indonesia membantu memenuhi kecukupan gizi dan nutrisi bagi anak dan masyarakat yang membutuhkan dengan mendonasikan lebih dari 12 Ton buah Sunpride ke lebih dari 32.000 anak dan masyarakat yang membutuhkan se-Jabodetabek, Surabaya dan Yogyakarta.

Kampanye #SunprideBuatKebaikan adalah ajakan mengonsumsi buah setiap hari untuk menjaga kesehatan sekaligus mendonasikan buah untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu yang terdampak Covid-19 dengan memastikan asupan gizi dan vitamin mereka tetap terjaga.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh fakta mengenai pentingnya konsumsi buah tiap hari.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, 95,5 persen penduduk di atas usia 5 tahun masih kurang makan buah dan sayur.

Terlebih disaat pandemi ini, banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi, tidak bisa menyediakan buah-buahan bagi anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Kampanye #SunprideBuatKebaikan diselenggarakan pada 22 Oktober hingga 7 Desember 2020, kampanye ini merupakan bagian dari peringatan ulang tahun Sunpride ke-25.

Presiden Direktur PT Sewu Segar Nusantara (SSN), Cindyanto Kristian mengatakan, dalam Kampanye #SunprideBuatKebaikan, kami bersama mitra strategis Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation dan Foodbank of Indonesia telah mendistribusikan ke anak-anak PAUD dan TK di 24 rusun yang ada di Jakarta, serta masyarakat yang membutuhkan di Jabodetabek, Surabaya dan Yogyakarta.

"Sejak awal pandemi hingga akhir tahun 2020, secara total Sunpride telah mendonasikan ke lebih dari 133 ton buah-buahan bagi tenaga kesehatan di 93 rumah sakit, 77 instansi (baik itu sekolah, kampus, penginapan paramedis, organisasi sosial maupun pemerintahan), anak-anak, kepolisian, dan para retailer Sunpride di Jabodetabek, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali," papar Cindyanto, Jakarta, Senin, (14/12/2020).

Founder Yayasan Waroeng Imaji, Veronica Tan menyampaikan, donasi hasil dari kampanye #SunprideBuatKebaikan telah distribusikan ke 5.058 Kepala Keluarga yang berada di 7 rusun yang ada di Jakarta yaitu Rusun Daan Mogot, Rusun Jatinegara Barat, Rusun Pulogebang, Rusun Komarudin, Rusun Pondok Bambu, Rusun Pinus Elok, dan Rusun Rawabebek.

"Sejak pandemi, banyak Kepala Keluarga di rusun yang sangat terdampak pandemi COVID-19. Buah dari Sunpride sangat membantu Kepala Keluarga dalam memenuhi nutrisi dan gizi anak-anak dan keluarga mereka," kata Veronica Tan.

Director of Communications and Partnership ReachOut Foundation (ROF), Cipto Rustianto mengatakan, ReachOut Foundation (ROF) fokus pada pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini di daerah pinggiran atau di bawah garis kemiskinan.

Sejak tahun 2014, ROF telah mendirikan 17 sekolah gratis di Jakarta, dan telah memperluas jangkauan dan mendirikan 8 sekolah gratis di Jambi dan 2 sekolah gratis di Papua.

"Donasi hasil dari kampanye #SunprideBuatKebaikan kami distribusikan ke 876 siswa dan guru PAUD dan TK yang ada di Jakarta. Dengan adanya donasi dari Sunpride, kami sekaligus mengajarkan kepada anak-anak mengenai pentingnya mengonsumsi buah yang kaya akan nutrisi setiap harinya," tambahnya.

CEO Foodbank of Indonesia (FOI), M. Hendro Utomo mengatakan, Hasil Survei Foodbank of Indonesia (FOI) pada Agustus 2020 di 14 titik menyatakan bahwa, 27 persen balita ke sekolah dengan perut kosong dan tidak makan hingga siang hari. Bahkan, di tempat lain, angkanya mencapai 40-50 persen.

Untuk itu, FOI bertujuan untuk membuka akses pangan dan berupaya mencegah kelaparan dengan membantu meningkatkan nutrisi pada anak.

"Buah dirasa sebagai makanan mewah untuk anak kita sehingga donasi Sunpride membuat mereka senang juga mendukung daya tahan tubuh anak terutama di tengah pandemi. Donasi hasil dari kampanye #SunprideBuatKebaikan, FOI distribusikan ke lebih dari 27.000 anak-anak di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya dan Yogyakarta," kata Hendro.

Cindyanto Kristian mengatakan, sangat berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah berkontribusi dalam kampanye ini.

"Kami berharap dengan adanya program #SunprideBuatKebaikan ini, lebih banyak orang yang terbantu tercukupi kebutuhan buah dan tentunya semakin banyak orang yang menyadari pentingnya konsumsi buah setiap hari untuk kesehatan. Selain itu, kami juga berharap Sunpride dapat terus berdiri dan berkembang di Indonesia dan turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas masyarakat dari berbagai aspek," kata Cindyanto Kristian.(inilah.com)