Bus Mercedes-Benz Mendukung BBM Nabati

Bus Mercedes-Benz Mendukung BBM Nabati
antarafoto

INILAH, Jakarta-Grup Daimler menerima pesanan 112 unit bus Mercedes-Benz dari Swedia yang rencananya akan dioperasikan sebagai angkutan umum di negara itu mulai Januari 2021.

Semua, 112 bus Mercedes-Benz itu dibekali dengan mesin baru yang mendukung untuk penggunaan bahan bakar ramah lingkungan yang terbuat dari minyak nabati terhidrogenasi (disingkat HVO), kata Grup Daimler, induk merek Mercedes-Benz, dalam pernyataannya, dikutip Senin.

Pesanan yang terdiri dari 106 unit Mercedes-Benz Intouro dan enam unit bus antar kota Setra S 416 LE MultiClass itu akan dikirim untuk Mohlins Bussar di Swedia.

Mulai Januari 2021, perusahaan Swedia itu akan mengoperasikan bus bersama dengan subkontraktornya, Gimo Buss & Taxi dan Högbergs Bussresort, di wilayah Upplands län, di utara Stockholm.

Bus-bus tersebut terutama digunakan sebagai bus sekolah, tetapi juga untuk jalur antarkota.

Kedua bus memiliki kesamaan fitur, misalnya tempat duduk yang nyaman dengan jarak 710 mm antara kursi dengan sabuk pengaman tiga titik, alat interlock pendeteksi napas beralkohol napas, kamera mundur, dan lift untuk Intouro.

Bus antarkota Setra memiliki desain pijakan masuk rendah dengan tanjakan lipat untuk kursi roda di pintu belakang. Bus-bus itu menggabungkan mesin OM 936 segaris enam silinder Mercedes-Benz yang ringkas dengan 220 kW (299 hp) dan transmisi bus Mercedes-Benz GO 250-8 PowerShift otomatis.

Mesin ini mendukung untuk penggunaan bahan bakar ramah lingkungan yang terbuat dari minyak nabati terhidrogenasi (disingkat HVO).

Perusahaan pribadi Mohlins Bussar, dari Ljusdahl di Swedia tengah, secara tradisional mengandalkan bus dari Mercedes-Benz. Sekitar setengah dari sekitar 160 armadanya adalah merek bintang berujung tiga.

Bus Daimler telah menjadi pemimpin pasar di Swedia dalam beberapa tahun untuk bus dengan berat kotor di atas delapan ton. (antara)