Ravil Rasakan Manfaat Program Latihan Tim Pelatih Persib

Ravil Rasakan Manfaat Program Latihan Tim Pelatih Persib
Foto: persib.co.id

INILAH, Bandung - Penyerang muda Persib Bandung, Ravil Shandyka Putra mengaku tak mengalami kendala menjalankan program latihan yang diberikan tim pelatih selama liburan.

Sebaliknya, pemain yang baru dipromosikan musim ini merasakan dampak yang positif dengan program tersebut. Terutama dalam menjaga kondisi fisik serta kebugarannya.

Terlebih kata dia, sudah cukup lama tim tidak berlatih. Tepatnya awal November tim diliburkan akibat keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menunda kembali Liga 1 2020 sampai awal Februari 2021 mendatang. 

Penundaan itu terpaksa dilakukan lantaran PSSI dan PT LIB tidak mendapatkan izin penyelenggaraan dari pihak kepolisian (Polri) dengan alasan pandemi Covid-19 di Indonesia masih masif. 

"Alhamdulillah program latihan mandiri lancar, tidak ada kendala. Tim pelatih juga selalu membantu menjelaskan program yang diberikan. Pastinya, program dari pelatih ini membuat kondisi kebugaran saya lebih terjaga," ungkap Ravil dilansir laman resmi Persib. 

Namun demikian, pemain yang memilih menggunakan nomor punggung 19 di Persib Bandung ini juga kerap melakukan latihan tambahan. Terutama mengenai sentuhan bola. 

Dia tak ingin sentuhannya dalam mengolah si kulit bundar hilang. Sehingga diperlukan latihan tambahan agar kualitasnya dalam bermain sepak bola tidak menurun. 

"Saat luang menyempatkan cari hiburan, lebih sering main PS sama saudara atau sama teman gigitaran (bermain musik) di rumah. Kumpul sama keluarga selebihnya," katanya. (Muhammad Ginanjar)