Bandung Kembali Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Bandung Kembali Raih Penghargaan Kota Peduli HAM
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. 

Penghargaan diberikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat Imam Suyudi kepada Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Kantor Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Sebelumnya, Pemkot Bandung juga meraih penghargaan serupa pada tahun 2017, 2018, dan 2019.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menegaskan Pemkot Bandung terus memberikan kesetaraan pelayanan kepada masyarakat. Dia yakin dengan pelayanan publik yang maksimal, mampu memberikan kepuasan kepada warga. 

"Kami dari pemerintah kota memberikan kesetaraan dalam berbagai layanan publik. Ternyata kembali diapresiasi oleh kementrian Hukum dan HAM. Mudah-mudahan ini memicu teman-teman untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada siapa pun," kata Yana. 

Mengenai komitmen kuat sebagai penegakan HAM, dia menyampaikan, ada regulasi yang mengaturnya. Atas hal itu, dia berharap pemerintah dan masyarakat mampu mengikuti dan melaksanakannya. 

"Regulasi sudah ada yang mengatur ini semua. Mudah-mudahan kita bisa mengikuti dan melaksanakannya," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar Imam Suyudi mengatakan di wilayah Jabar terdapat sembilan daerah yang mendapatkan Kota Kabupaten peduli HAM dan empat kabupaten cukup HAM. Tak hanya itu, terdapat 38 UPT yang mendapat penghargaan sebagai UPT berbasis HAM.

"Kita harap ke depannya lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan jasa pelayanan dan Hak Asasi Manusia," kata Imam. 

Selain Kota Bandung, terdapat kota kabupaten yang mendapatkan penghargaan sebagai kota peduli HAM. Di antaranya, Kabupaten Garut, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Purwakarta, Kota Bekasi dan Kabupaten Bandung. 

Tak hanya itu, terdapat juga kategori kota kabupaten Cukup Peduli HAM. Di antaranya, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Ciamis. (Yogo Triastopo)