Bansos Tahap IV Pemprov Jabar Diundur

Bansos Tahap IV Pemprov Jabar Diundur
net

INILAH, Bandung – Sejatinya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat ingin membagikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 di 2020, sebanyak empat tahap. Rencananya, tahap IV atau terakhir bakal didistribusikan pada Desember sekarang.

Anggota tim Badan Anggaran (Banggar) yang juga anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Husin mengatakan, rencana tersebut memang terpaksa ditunda lantaran kondisi keuangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak mencukupi. Sehingga Bansos tahap IV batal dituntaskan di Desember sekarang.

“Bansos atau pengaman jaring sosial ini memang seharusnya di tahun 2020 dilakukan empat tahap. Tapi karena satu dan lain hal, akhirnya diputuskan hanya tiga tahap saja. Tapi tahap IV ini bukan dibatalkan, tapi di-pending. Beberapa kali kita rapat, di-pending ini karena kondisi anggaran kita di akhir tahun tidak mencukupi. Maka ada dana-dana yang disisihkan untuk penghematan,” ujar Husin kepada INILAH, Senin (14/12/2020).

Kendati demikian, dia memastikan program tersebut tetap harus berjalan pada 2021 mendatang. Saat ini Pemprov kata Husin tengah menyusun, berdasarkan hasil evaluasi dari tiga tahap sebelumnya, termasuk jumlah penerima bansos. Sehingga peruntukannya bisa tepat guna dan sasaran, demi menstimulasi pertumbuhan ekonomi masyarakat secara merata di seluruh daerah Jawa Barat.

“Tahap IV dialihkan ke 2021. Di rapat Banggar, sudah disepakati supaya bansos ini tetap dijalankan di 2021. Jumlahnya masih belum diputuskan karena TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dengan gubernur masih menyisir lagi, untuk persiapan di 2021. Paling tidak saran kami kemarin, minimal ada dua kali lagi (Bansos) untuk 2021. Atau paling minimal satu kali. Untuk menutupi tahap IV yang tidak bisa dipenuhi di 2020,” tutupnya. (Yuliantono)