Ma'ruf Amin: Perilaku Hidup Sehat Jangan Cuma Selama Pandemi

Ma'ruf Amin: Perilaku Hidup Sehat Jangan Cuma Selama Pandemi
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (antara)

INILAH, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan, perilaku hidup bersih dan sehat tidak boleh hanya diterapkan selama pandemi Covid-19 sembari menanti vaksin, melainkan harus menjadi gaya hidup yang terus dilakukan masyarakat.

"Perilaku hidup bersih dan sehat ini diterapkan bukan saja untuk sementara waktu sampai pemberian vaksinasi, namun diharapkan dapat menjadi budaya dan gaya hidup baru masyarakat Indonesia seterusnya," kata dia, saat memberikan pembekalan kepada peserta Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) secara virtual, dari Jakarta, Senin.

"Pandemi Covid-19 merupakan 'fenomena angsa hitam' atau black swan, yakni peristiwa langka yang berdampak besar, sulit diprediksi serta menimbulkan berbagai ketidakpastian di kalangan masyarakat," kata dia.

Untuk dapat mengakhiri pandemi Covid-19, kata dia, perlu pula upaya perubahan perilaku hidup bersih secara berkelanjutan dari masyarakat, selain juga melalui vaksinasi.

Oleh karena itu, informasi yang terpercaya menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat supaya terhindar dari kekeliruan penyampaian informasi yang menyebabkan kebingungan.

"Pandemi Covid-19 merupakan peristiwa yang belum pernah kita lalui sebelumnya. Informasi yang kredibel dan terpercaya tentu semakin dibutuhkan untuk menjamin arus informasi yang bebas dari penyalahgunaan informasi seperti misinformasi, disinformasi atau pun malinformasi," katanya.

Melalui program FJPP, dia berharap para pekerja media dapat menjalankan tugasnya dalam menyampaikan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Di sinilah peranan penting insan pers, terutama untuk mencerdaskan masyarakat, melalui pemberitaan yang edukatif, informatif, akurat, dan komprehensif dalam menggambarkan fenomena Covid-19 dan berbagai dampaknya," ujarnya. (antara)