Jalani Pemusatan Latihan, Pelatih Puas dengan Perkembangan Fisik Timnas U-16

Jalani Pemusatan Latihan, Pelatih Puas dengan Perkembangan Fisik Timnas U-16
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bandung - Pelatih fisik tim nasional U-16 Gilang Ramadhan puas dengan perkembangan fisik para pemainnya yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman, Yogyakarta.

"Kondisi anak-anak selama TC, saya bilang luar biasa perkembangannya," ujar Gilang, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Senin.

Menurut Gilang, baiknya fisik Marcell Januar dan kawan-kawan tidak lepas dari latihan olah tubuh yang mereka lakukan secara rutin. Tiga kali seminggu, timnas U-16 mendapatkan latihan kekuatan, kecepatan dan kekuatan.

Tubuh para pemain ditempa di pusat kebugaran yang berada di hotel tempat mereka menginap. Setiap pemain timnas U-16 sering kali diwajibkan untuk berlatih dengan beban sesuai program masing-masing pemain.

"Setiap posisi pun akan berbeda-beda. Contoh kiper, mereka harus lebih kuat di tangan dan bahu. Sementara posisi lain lebih kuat di 'leg press'-nya dengan mengembangkan otot quadriceps (paha bagian depan-red). Malahan hamstring (otot paha belakang) mereka jadi terlihat kurang kuat, tiga banding satu dengan kekuatan otot kaki depan," tutur Gilang.

Sebanyak 26 pemain mengikuti TC timnas U-16 di Sleman, Yogyakarta, yang berlangsung pada 6-23 Desember 2020. TC itu menjadi persiapan menuju Piala Asia U-16 yang berlangsung pada tahun 2021 di Bahrain.

Pada turnamen tersebut, Indonesia yang menjadi satu-satunya perwakilan ASEAN berada di Grup D bersama Jepang, (antara)