Saad bin Abi Waqqas sang Penakluk Imperium Persia (1)

Saad bin Abi Waqqas sang Penakluk Imperium Persia (1)
Ilustrasi/Net

NAMA sebenarnya adalah Saad bin Malik Az-Zuhri.Lahir di kota Mekah berasal dari suku Quraisy.Ia berasal dari keluarga bangsawan yang kaya raya dan sangat disayangi kedua orangtuanya, terutama ibunya.

Meski berasal dari Makkah, ia sangat benci pada agamanya dan cara hidup yang dianut masyarakatnya. Ia terkenal sebagai pemuda yang serius dan cerdas dan membenci praktik penyembahan berhala yang membudaya di Makkah saat itu.

Saat Sa'ad berusia 20 tahun, didatangi oleh abu Bakar yang mengajak untuk masuk Islam. Sa'ad sendiri memiliki hubungan kekerabatan dengan Rasulullah SAW secara tidak langsung. Ibu rasul, Aminah binti Wahhab berasal dari suku yang sama dengan Saad yaitu dari Bani Zuhrah. Karena itu Saad juga sering disebut sebagai Sa'ad of Zuhrah atau Sa'ad dari Zuhrah, untuk membedakannya dengan Sa'ad-Sa'ad lainnya.

Keislaman Saad mendapat tentangan keras terutama dari Ibunya yang mengancam akan bunuh diri. Selama beberapa hari, ibu Sa'ad menolak makan dan minum sehingga kurus dan lemah. Meski dibujuk dan dibawakan makanan, namun ibunya tetap menolak dan hanya bersedia makan jika Sa'ad kembali ke agama lamanya. Namun Sa'ad berkata bahwa meski ia memiliki kecintaan luar biasa pada sang ibu, namun kecintaannya pada Allah SWT dan Rasulullah SAW jauh lebih besar lagi.

Mendengar kekerasan hati Sa'ad, sang ibu akhirnya menyerah dan mau makan kembali. Fakta ini memberikan bukti kekuatan dan keteguhan iman Sa'ad bin Abi Waqqas. Di masa-masa awal sejarah Islam, kaum Muslim mengungsi ke bukit jika hendak menunaikan salat. Kaum Quraisy selalu mengalangi mereka beribadah. [Bersambung]