Meski Belum Jelas, Disdik Tetap Sosialisasi dan Siapkan Verifikasi Belajar Tatap Muka

Meski Belum Jelas, Disdik Tetap Sosialisasi dan Siapkan Verifikasi Belajar Tatap Muka
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Meski belum jelas pembelajaran tatap muka akan digelar atau tidak, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor tetap menjalankan sosialisasi serta persiapan. Rencananya, proses verifikasi tetap digelar pada Januari 2021 mendatang. 

Kepala Disdik Kota Bogor Fahrudin mengatakan, sekolah tatap muka tetap dipersiapkan dari cara kebiasaannya siswa nanti ataupun infrastrukturnya. Meski pihaknya tetap menyiapkan hal itu, tapi keputusannya menunggu situasi pandemi Covid-19 Kota Bogor. 

"Yang memutuskan wali kota dan Satgas Covid-19 Kota Bogor. Bagaimana tingkat risiko juga kesiapan layanan kesehatan serta kesiapan satuan pendidikan," kata Fahrudin, Selasa (15/12/2020).

Dia melanjutkan, dalam pembelajaran tatap muka itu ada tiga hal utama yang harus diperhatikan. Saat ini, sekolah bisa mengusulkan dan Disdik juga tengah melakukan sosialisasi daftar periksa.

"Kalau misal daftar periksa terpenuhi, kemudian kepala sekolah satuan pendidikan siap. Kita tinggal melihat dari izin orang tua. Jadi setiap siswa harus ada izin dari orang tua," tambahnya.

Fahrudin menekankan, kalaupun orang tua tidak mengizinkan anaknya sekolah tatap muka Disdik akan melakukan blended learning atau pembelajaran dua cara online dan tatap muka. 

"Ya hari ini kami masih Sosialisasi dan mulai verifikasi bulan Januari 2021," terangnya. 

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya belum memastikan PTM Kota Bogor akan dilaksanakan Januari 2021 mendatang. Keputusan itu diambil usai berkonsultasi dengan pakar epidemiologi serta mendengar saran dari Ikan Dokter Indonesia (IDI). 

"Tapi, daerah akan memutuskan berdasarkan situasi Covid-19 terakhir. Kalau Januari 2021 situasi tidak kondusif, kami tidak akan kami buka pembelajaran tatap muka. Kami akan mendengar saran dari IDI dan pakar epidemiologi," tambahnya. (Rizki Mauludi)