Dimekarkan, Ini Skenario Pengisian DPRD Kabupaten Bogor Barat

Dimekarkan, Ini Skenario Pengisian DPRD Kabupaten Bogor Barat
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Pemekaran Kabupaten Bogor Barat sudah di depan mata. Rencananya, Gubernur Jabar dan DPRD Jabar akan menyerahkan dokumen persetujuan bersama kepada Kementerian Dalam Negeri.

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan mempersiapkan skenario pengisian para calon legislatif di daerah otonomi baru Kabupaten Bogor Barat. Termasuk, menentukan komposisi daerah pemilihan (Dapil).

"KPU Kabupaten Bogor sedang melakukan pematangan berbagai skenario untuk mengisi kursi DPRD di daerah otonomi baru termasuk distrik magnitude atau pembagian dapil DPRD Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bogor Barat," kata komisioner KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan, Selasa (15/12/2020).

Menurutnya, dalam skenario itu nantinya DPRD Kabupaten Bogor Barat akan diisi 50 kursi dari Dapil 4 dan 5. Jika kurang akan diisi caleg perolehan suara terbanyak pada urutan peringkat berikutnya sampai memenuhi kuota 50 kursi. 

"Sementara, untuk kursi DPRD Kabupaten Bogor induk yang akan ditinggalkan anggota legislatif dari dapil 4 dan 5 akan diisi caleg DPRD suara terbanyak pada urutan peringkat berikutnya dari dapil 1, 2, 3 dan 6 sampai terpenuhi kuota 55 kursi," sambungnya. 

Terkait dengan pemekaran Bogor Barat, KPU Kabupaten Bogor mengaku tetap memantau perkembangan aktual yang terjadi setelah penyerahan dokumen persetujuan bersama gubernur dan Jabae kepada pemerintah pusat yang masih berproses hingga tiga tahun ke depan. (Reza Zurifwan)