Tak Hanya Latihan, Persib Perhatikan Nutrisi Pemain

Tak Hanya Latihan, Persib Perhatikan Nutrisi Pemain
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Jajaran pelatih Persib Bandung menunjukan keseriusannya menjaga kondisi para pemainnya meski Liga 1 2020 mengalami penundaan panjang. Tak hanya program latihan, namun juga sampai pada nutrisi para pemainnya. 

Nutrisionis Persib, Gilang Fauzi mengatakan sudah seharusnya nutrisi pemain harus diperhatikan. Sebab nutrisi itu sendiri memiliki pengaruh yang besar terutama bagi kondisi para pemainnya. 

Terlebih, sudah sejak pertengahan Maret lalu, para pemain tidak menjalankan kompetisi usai PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menunda akibat pandemi Covid-19. 

Selain itu, Supardi Nasir dan kawan-kawan juga diliburkan dengan waktu yang lama. Terhitung sejak awal November hingga akhir Desember mendatang lantaran PSSI dan PT LIB berencana untuk melanjutkan kompetisi pada awal Februari 2021. 

"Selama latihan mandiri ini, pemain saya bekali dengan data kebutuhan nutrisi. Setiap pemain berbeda-beda, mulai karbohidrat, protein, serat, lemak dan mineral," kata Gilang seperti dilansir laman resmi Persib.

Gilang merasakan optimisme yang tinggi para pemainnya mampu menjalankan dengan baik bekal yang sudah diberikan. Sebab sebagai pemain profesional memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya menjaga pola makan dan berat badan ideal. 

"Nutrisi pemain semua dalam tahap kontrol dan saya tetap memantau kondisi badan setiap pemain yakni dengan memeriksa berat badan mereka setiap pekan. Mereka memberikan laporan melalui online," tuturnya. 

Dalam hal ini, Gilang mengaku bekerja sama dengan dokter olahraga Persib, Alvin Wiharja. Dengan begitu, data kebutuhan asupan nutrisi bisa lebih terukur. 

"Alhamdulillah, dari hasil cek berat badan setiap pekan tidak terjadi penurunan yang signifikan. Artinya, semua pemain tetap disiplin dalam menjalankan pola makan yang baik," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)