Dies Natalis ke-48, Itenas Bandung Tancapkan Semangat Kompetisi di Masa Depan

Dies Natalis ke-48, Itenas Bandung Tancapkan Semangat Kompetisi di Masa Depan
istimewa

INILAH, Bandung-Tepat pada Senin 14 Desember 2020, Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menginjak usia 48 tahun. Sehubungan dengan masa pandemik covid-19 yang belum berakhir, acara seremonial dies natalis tahun ini dilakukan secara virtual.

Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan keluarga besar Itenas Bandung dalam menyambut dan menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk seremonial dies natalis.

Tema dies natalis Itenas Bandung ke-48 adalah “Competitive into the future”, yang mencerminkan semangat dan gerak Itenas yang semula tenang menjadi lebih cepat dan dinamis, serta meningkatkan sinergitas antarelemen di Itenas dalam menyikapi dinamika kebijakan dan persaingan yang semakin berat.

Terdapat empat kegiatan yang menjadi rangkaian acara Dies Natalis Itenas ke 48, yaitu 2nd International Conference on Green Technology and Design (ICGTD2020) dengan topik ‘A Smart Deliberation of Green Technology and Design Towards New Normal Mitigation’ yang sudah dilaksanakan secara virtual; penganugerahan “LPPM awards 2020”; orasi Ilmiah dari Dr. Eng Didin Agustian Permadi, Dosen Tetap Program Studi Teknik Lingkungan; serta pembuatan Video Mapping Itenas 2020 yang merupakan hasil kolaborasi dengan alumni program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Itenas.

Dalam sambutannya, Rektor Itenas, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D. mengajak seluruh keluarga besar Itenas untuk meneladani semangat para pendiri Itenas, serta istiqomah untuk terus berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam menghasilkan SDM yang unggul dan kreatif.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para dosen, para tenaga kependidikan dan non tenaga kependidikan, para mahasiswa dan alumni atas waktu, tenaga dan pikiran yang telah diberikan untuk memeriahkan kegiatan dies natalis ke-48 Itenas di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung,” kata Prof. Meilinda di Gedung Serba Guna (GSG) Balai Dayang Sumbi Itenas.

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi (YPDS), Dr. Iwan Inrawan Wiratmadja menyampaikan harapannya kepada Itenas. “Dirgahayu Itenas, semoga Itenas mampu menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang dihadapi serta semakin maju dan berjaya,” ujarnya.

Beberapa rangkaian acara seremonial lain adalah orasi ilmiah; testimoni dari keluarga dan civitas akademi Itenas, serta mitra Itenas; pemberian penghargaan kepada dosen tetap, dosen semester, tenaga kependidikan dan nonkependidikan; penghargaan LPPM Awards 2020.

Orasi ilmiah Dr. Eng Didin Agustian Permadi, memaparkan pendapatnya melalui artikel “Langkah Prioritas untuk Memperlambat Pemanasan Global dengan Segera: The Low HangingFruits?”. Materi orasi ini merupakan kontribusi pemikiran dari warga Itenas untuk berbuat sesuatu untuk bumi kita.

Akhir dari acara seremonial Dies Natalis ke-48 Itenas adalah prosesi syukuran pemotongan dan penyerahan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua YPDS kepada Rektor Itenas.

Masih dalam rangkaian Dies Natalis ke-48 Itenas, tepat pukul 19.30 WIB, Itenas mempersembahkan Video Mapping yang dilaksanakan di halaman Gedung Serba Guna (GSG) Balai Dayang Sumbi Itenas. Video mapping ini adalah hasil maha karya para alumni Desain Komunikasi Visual Itenas Bandung, dan diprakarsai oleh Eka Noviana, Ph.D., dosen tetap Prodi DKV.

Video mapping tersebut adalah sebuah pertunjukkan atraktif yang merupakan kolaborasi bidang teknik dan desain dengan mengandalkan teknik pencahayaan dan proyeksi pada objek sehingga secara visual objek akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Mengingat kondisi pandemi saat ini, persembahan video mapping hanya dapat disaksikan secara langsung di kediaman masing-masing melalui live streaming youtube Institut Teknologi Nasional Bandung - Official atau live Instagram @itenas.official