Robert Alberts Iri Sepak Bola Eropa

Robert Alberts Iri Sepak Bola Eropa
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan apresiasi kepada persepakbolaan di Eropa. Pasalnya pertandingan sepak bola tetap berjalan meski di masa pandemi Covid-19 . 

Bahkan beberapa di antaranya, seperti halnya English Premier League (EPL) atau Liga Inggris, Bundesliga atau Liga Jerman hingga Ligue 1 atau Liga Perancis ini sudah bisa disaksikan penonton. 

"Ada beberapa pertandingan di Inggris yang mengizinkan adanya penonton dengan jumlah sedikit. Mereka menerapkan social distancing dan mematuhi protokol kesehatan," kata Robert dilansir laman resmi Persib.

Pelatih asal Belanda ini mengaku sempat heran, sebab pandemi Covid-19 di Eropa masih menjadi masalah serius. Namun, mereka mampu menjalankannya dengan baik, sehingga pertandingan bisa disaksikan penonton. 

Sementara di Indonesia, lanjutnya, masih belum dilaksanakan. Beberapa rencana sudah dijadwalkan, namun hingga saat ini belum mendapatkan restu dari pihak kepolisian (Polri) dengan alasan pandemi Covid-19 masih tinggi. 

"Kita belum melihat bahwa Covid-19 telah pergi. Tapi yang menjadi penting adalah negara tahu bagaimana bereaksi dan hidup berdampingan dengan virus ini. Dan mereka telah memperbolehkan pertandingan sepak bola dengan aturan yang sangat ketat," tuturnya. 

Robert tentunya berharap rencana terkait digelarnya kompetisi 2021 bulan Februari mendatang bukan sekadar wacana. Pasalnya sudah cukup lama kompetisi tertinggi di Indonesia itu tertunda. 

"Bahkan di Liga Champions Eropa juga kualifikasi Piala Eropa tetap berjalan, dengan atau tanpa penonton. Ini adalah isu utama bahwa semua negara di dunia sudah mulai mengizinkan digelarnya pertandingan sepak bola. Olahraga lainnya juga mulai digelar kembali terutama untuk level profesional," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)