Jumlah Kasus Kebakaran di Kota Bandung Alami Penurunan

Jumlah Kasus Kebakaran di Kota Bandung Alami Penurunan
istimewa

INILAH, Bandung - Jumlah kasus kebakaran di wilayah Kota Bandung mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Di 2019, jumlah kebakaran mencapai 272 kasus. Sementara di 2020, hanya sekitar 150 kasus. 

"Dari total kebakaran yang terjadi, 40 persen penangannya dibantu oleh masyarakat," kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (17/12/2020). 

Menurutnya, masyarakat Kota Bandung kini memiliki tingkat kesadaran tinggi dalam penanganan bencana kebakaran. Hal itu tak lepas hasil dari penyuluhan Diskar PB Kota Bandung yang dilakukan selama ini. 

"Ini tidak lepas dari penyuluhan secara masif yang dilakukan Diskar PB. Di tahun ini, kita tekankan kembali penyuluhan, sosialisasi dan lain-lain agar masyarakat semakin sadar dampak dari penyuluhan," ucapnya. 

Namun demikian, Dadang mengaku mengalami kesulitan dengan anggaran Diskar PB Kota Bandung di 2020. Hal tersebut, dituturkannya berdampak pada pelayanan Diskar PB yang kurang optimal.

‎"Anggaran berkurang. Makanya pemenuhan permintaan dari masyarakat maupun kewilayahan belum bisa dilakukan secara optimal, karena kita terpaksa harus mengirit bahan bakar kendaraan," ujar dia. 

Minimnya anggaran, ditambahkannya turut berdampak kepada pemeliharaan kendaraan operasional Diskar PB Kota Bandung yang berakibat tidak terawatnya kendaraan hingga terbengkalai. (Yogo Triastopo)