Ini Tanggapan Robert Alberts Saat Jatah Piala AFC 2021 Diberikan Kepada Bali United dan Persija

Ini Tanggapan Robert Alberts Saat Jatah Piala AFC 2021 Diberikan Kepada Bali United dan Persija
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Keinginan Persib Bandung untuk tampil di Piala AFC 2021 harus sirna. Pasalnya PSSI memutuskan Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia. 

Keputusan itu sesuai dengan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (16/12/2020). Alasannya karena Bali United merupakan juara Liga 1 Indonesia musim 2019 dan Persija adalah peringkat kedua Piala Indonesia 2018-2019.

Bahkan kedua tim ini juga telah memenuhi persyaratan setelah mendapatkan lisensi klub profesional dalam proses AFC Club Licensing Cycle tahun 2020.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku tidak mempermasalahkan meski sebelumnya berharap timnya menjadi wakil Indonesia lantaran menjadi penghuni puncak klasemen sementara Liga 1 2020. 

"Keputusan telah dibuat dan kami semua harus menerimanya tentunya," ungkap Robert saat dihubungi, Kamis (17/12/2020). 

Pelatih asal Belanda ini bahkan memberikan dukungan kepada Bali United maupun Persija Jakarta untuk bisa tampil baik dan maksimal di Piala AFC 2021. 

"Semuanya tentu harus mendukung Bali dan Persija supaya mempunyai hasil yang bagus di Piala AFC karena mewakili Indonesia. Jadi kami mendoakan semoga beruntung tentunya," harapnya. 

Sejatinya, perwakilan Indonesia di Piala AFC ditentukan melalui posisi terakhir klub saat Liga 1 Indonesia tuntas dan hasil akhir turnamen nasional atau dalam hal ini Piala Indonesia.

Namun, karena musim ini kompetisi tertunda serta belum berlangsungnya Piala Indonesia terkini lantaran pandemi Covid-19, PSSI terpaksa melakukan penunjukan langsung untuk Piala AFC 2021.

Persija dan Bali United menjadi dua klub yang berhasil meraih lisensi profesional AFC pada tahun 2020 bersama lima klub lain yaitu Persipura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib dan Arema FC.

Syarat lisensi itulah yang membuat PSM Makassar tidak bisa mengikuti Piala AFC 2021 meski mereka merupakan juara Piala Indonesia 2018-2019 dan sempat tampil di Piala AFC 2020. (Muhammad Ginanjar)