DPRD Jabar Dorong Masyarakat Lirik Usaha Sapi Potong

DPRD Jabar Dorong Masyarakat Lirik Usaha Sapi Potong
istimewa

INILAH, Bandung – Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Herry Ukasah berharap, masyarakat mulai melirik sektor usaha sapi potong. Usai melakukan kunjungan kerja ke Peternak Sapi Mandiri Farm, Desa Musuk, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (16/12/2020).

Dia mengatakan, jika ternak sapi potong bisa dikembangkan di Jawa Barat. Laiknya yang dilakukan Asosiasi Peternak Sapi Indonesia (Aspin) Boyolali, dalam penggemukan sapi potong. Diyakini dapat menjadi sumber penghasilan masyarakat, serta mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak. Khususnya dalam situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, seperti saat ini.

“Saya kita ini sangat bagus sekali, apabila dikembangkan di Provinsi Jawa Barat. Terutama ini dapat menyerap tenaga kerja dan bisa menambah penghasilan masyarakat, terutama dalam situasi pandemi Covid-19,” ujar Herry di sela-sela kunjungan.

Herry mengaku akan berupaya mendorong pemerintah provinsi (Pemprov), agar dapat meniru Boyolali melalui masyarakat dan kelompok tani untuk segera merealisasikannya. Terkait pembiayaan, dia menilai apa yang dilakukan Aspin Boyolali dengan melibatkan bank daerah untuk kerjasama, juga dapat dicontoh Pemprov. Sebab, ada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank BJB yang kemungkinan besar bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Dia mengharapkan, ada komunikasi yang dijalin antara Pemprov, peternak atau petani dengan Aspin dalam pengembangan penggemukan sapi potong di Jawa Barat. Sehingga sektor usaha tersebut dapat menjadi ranah baru bagi masyarakat, dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Dalam hal ini, dewan siap untuk mendorong penuh. Baik dari segi anggaran ataupun dari segi kebijakan-kebijakan, untuk penggemukan atau pengembangan peternakan sapi,” tandasnya. (Yuliantono)