PEPC Kembali Raih Gold Rank di ASRRAT 2020

PEPC Kembali Raih Gold Rank di ASRRAT 2020

INILAH, Jakarta,- Penghujung tahun 2020, PT Pertamina EP Cepu (PEPC) kembali mampu meraih penghargaan Gold Rank  dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2020 yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR) dan Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP). Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan, Rabu (16/12/2020) secara daring.

Award ini membanggakan bagi PEPC yang menerimanya, lantaran penghargaan ini diikuti oleh 44 perusahaan yang berasal dari berbagai negara di Asia. Penghargaan ASRRAT 2020 ini merupakan ketiga kalinya diterima PEPC, sebelumnya PEPC juga mendapatkan penghargaan ASRRAT sebanyak dua kali yakni pada 2017 dan 2018 lalu.

Hal ini tentu semakin menunjukkan komitmen PEPC sebagai salah satu perusahaan migas nasional berkelas global serta sebagai parameter perusahaan yang menerapkan standar pelaporan bisnis dan program keberlanjutan perusahaan sesuai dengan standar internasional.

"PEPC senantiasa bekerja dengan prinsip Good Corporate Governance dalam menjalankan pelaporan terkait praktik bisnis dan program berkelanjutan yang disajikan secara transparan dan terkonsolidasi. Standar kerja yang baik ini mampu membuat kami kembali memperoleh apresiasi penghargaan ASRRAT 2020,” ungkap Direktur Utama PEPC Awang Lazuardi di Jakarta.

Proses penilaian dalam ASRRAT mencakup tiga aspek penilaian yaitu aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan perusahaan; dampak lingkungan dan sosial dari aktivitas perusahaan, serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro yang memberi sambutan dalam acara penganugerahan secara daring tersebut mendorong berbagai perusahaan di Indonesia untuk tetap berkontribusi ke pencapaian SDGs walaupun di masa Pandemi Covid-19.

"Pandemi ini membuat gaya hidup manusia berubah. Selain itu, harus diakui pula bahwa lingkungan menjadi lebih bersih,” ujar Bambang.

ASRRAT merupakan kegiatan penganugerahan penghargaan kepada lembaga yang berhasil mengkomunikasikan kinerja keberlanjutan kepada pemangku kepentingan melalui laporan berkelanjutan (Sustainability Report) dengan baik. ASRRAT merupakan event kali ketiga, sebelumnya disebut Sustainability Reporting Awards (SRA) dan telah dilaksanakan sejak tahun 2005.