"Tenet" hingga "Onward", Film yang Box Office Saat Pandemi

"Tenet" hingga "Onward", Film yang Box Office Saat Pandemi
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bandung - Pandemi Covid-19 membuat industri perfilman cukup terdampak. Mulai dari pengunduran dan pembatalan proses syuting hingga tanggal tayang, hingga bioskop yang harus tutup sementara guna mencegah penyebaran virus.

Meski demikian, sejumlah studio film tetap merilis film-film terbarunya di bioskop, bahkan merajai tangga box office dunia. Berikut daftar film yang berhasil meramaikan layar lebar dunia selama tahun 2020.

"Birds of Prey (and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn)

"Birds of Prey" adalah film yang terinspirasi dari tim bernama sama yang diambil dari DC Comics. Didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures, ini adalah angsuran kedelapan di DC Extended Universe dan tindak lanjut dari Suicide Squad (2016).

"Birds of Prey" tayang pada awal Februari 2020 dan meraup 84,2 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada, dan 117,7 juta dolar AS di wilayah lain, dengan total 201,9 juta dolar AS secara global.

"Sonic the Hedgehog"

"Sonic the Hedgehog" terinspirasi dar waralaba video game dengan nama yang sama yang diterbitkan oleh Sega. Film ini dibintangi oleh Ben Schwartz sebagai pengisi suara Sonic the Hedgehog dan Jim Carrey sebagai Doctor Robotnik.

Dalam film tersebut, Sonic bekerja sama dengan sheriff kota setempat Tom Wachowski untuk menemukan cincinnya yang hilang dan melarikan diri dari Dr. Robotnik.

"Sonic the Hedgehog" ditayangkan perdana di lot studio Paramount Pictures pada 25 Januari 2020, dan secara teatrikal dirilis di Amerika Serikat pada 14 Februari 2020.

Film ini mencetak rekor akhir pekan pembukaan terbesar untuk film video game di Amerika Serikat dan Kanada dengan meraup lebih dari 320 juta dolar AS di seluruh dunia, menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi kelima pada tahun 2020 dan adaptasi film video game terlaris sepanjang masa di Amerika Utara. Sekuelnya dijadwalkan rilis pada 8 April 2022.

"Onward"

"Onward" merupakan film animasi Pixar dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film ini dibintangi oleh pengisi suara Tom Holland, Chris Pratt, Julia Louis-Dreyfus, dan Octavia Spencer.

Film ini ditayangkan perdana di Berlin International Film Festival ke-70 pada 21 Februari 2020 dan dirilis secara teatrikal pada 6 Maret 2020.

Film ini menerima ulasan positif dari para kritikus dan meraup 141 juta dolar AS di seluruh dunia. Tak lama, pandemi melanda dan mendorong film ini untuk tayang secara streaming.

"The Invisible Man"

"The Invisible Man" adalah film horor-scifi yang ditulis dan disutradarai oleh Leigh Whannell, berdasarkan novel berjudul sama karya H.G.Wells.

Dibintangi oleh Elizabeth Moss, film ini mengikuti seorang wanita yang percaya bahwa dia sedang "dibuntuti" oleh "arwah" pacarnya yang abusif.

"The Invisible Man" dirilis di Amerika Serikat pada 28 Februari 2020 oleh Universal Pictures. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus, dengan pujian atas kinerja Moss, modernisasi inventif plot novel, dan kombinasi ketakutan dengan narasi cerdas tentang bagaimana orang dapat dimanipulasi dan disalahgunakan dalam hubungan yang berbahaya.

Film ini meraup 134 juta dolar AS di seluruh dunia dengan anggaran produksi yang hanya menghabiskan 7 juta dolar AS saja.

"Tenet"

"Tenet" adalah film action-scifi yang ditulis dan disutradarai oleh Christopher Nolan, dan dibintangi oleh John David Washington, Robert Pattinson, Elizabeth Debicki, Dimple Kapadia, Michael Caine, dan Kenneth Branagh.

Setelah tertunda tiga kali karena pandemi Covid-19, "Tenet" akhirnya dirilis di Inggris pada 26 Agustus 2020, dan Amerika Serikat pada 3 September 2020, dan menjadi film Hollywood pertama yang dibuka di bioskop kala pandemi.

Film ini telah meraup 361 juta dolar di seluruh dunia, menjadikannya film terlaris keempat di tahun 2020. Meski tidak "balik modal" dari anggaran produksi dan promosi yang tinggi, "Tenet" mendapatkan ulasan yang cukup positif dari kritikus, terutama untuk visual dan produksinya.

"Demon Slayer: Mugen Train"

Selain menjadi serial manga terlaris, "Demon Slayer" juga merupakan film yang paling banyak ditonton di Jepang tahun ini, dan menjadi film terlaris kedua di Jepang, mengalahkan "Titanic".

Berdasarkan data yang didapat dari distributor Aniplex, Demon Slayer: Mugen Train" telah meraup 264 juta dolar Amerika dari 20,5 juta penonton pada 29 November atau sekitar 45 hari sejak dirilis pada 16 Oktober 2020.

Angka ini melebihi "Titanic" yang mendapat 251 juta dolar pada tahun 1997 di Jepang yang merupakan rekor sepanjang masa. Di tahun 2001, film animasi fantasi karya Hayao Miyazaki "Spirited Away" menjadi yang teratas dengan perolehan 295,5 juta dolar dan hingga kini masih jadi yang teratas.

"Wonder Woman 1984"

Sekuel kedua "Wonder Woman" adalah film terbaru dari DC Comics dan Warner Bros, mengikuti kisah Diana Prince (Gal Gadot) untuk melawan musuh terbarunya, Max Lord dan Cheetah di tahun 1984, masa-masa perang dingin  di Amerika Serikat.

"Wonder Woman 1984" ditayangkan perdana pada 15 Desember 2020, melalui platform virtual DC FanDome. Film ini dijadwalkan akan dirilis di bioskop oleh Warner Bros. Pictures di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2020, dan juga akan streaming secara digital di HBO Max pada tanggal yang sama.

Termasuk Indonesia, pasar internasional yang tidak memiliki HBO Max, film ini dirilis secara teatrikal mulai 16 Desember 2020.

Film ini umumnya mendapat ulasan positif dari para kritikus, dengan pujian yang diberikan kepada arahan film, adegan aksi, skor musik, dan bobot emosional. (antara)