Paguyuban Pasundan Resmikan Pasundan Mart di SMK Pasundan 2 Banjaran

Paguyuban Pasundan Resmikan Pasundan Mart di SMK Pasundan 2 Banjaran
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Paguyuban Pasundan menggelar Launcing Pasundan Mart di SMK Pasundan 2 Banjaran, Kabupaten Bandung. Hal ini diperuntukan untuk pendidikan dan seluruh masyarakat Pasundan.

Dalam acara ini, hadir Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Didi Tumudzi dan Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan Tb Hasanuddin. Dia mengatakan, Paguyuban Pasundan berdiri dengan misi memerangi kemiskinan serta kebodohan dan Pasundan Mart adalah salah satu upaya dalam memerangi kemiskinan tersebut.

“Sebelumnya kami juga berencana mendirikan koperasi di 27 Kota dan Kabupaten sejauh ini baru diresmikan tujuh dan tiga lainnya sudah bagus, yang paling penting adalah di manage dengan baik oleh pengurusnya,” ujar anggota Komisi I DPR ini, Sabtu (19/12/2020).

Selain itu, dia juga mengajak agar warga Paguyuban Pasundan bisa "berlari". Ide dari Pasundan Mart adalah melihat banyaknya minimarket, bukan koperasi tapi milik perorangan, harganya pun diatur oleh mereka. Dari sana muncul keinginan untuk membangun Pasundan Mart.

"Akhirnya kita langsung menghubungi grosir sehingga barang bisa dijual lebih murah dari minimarket lainnya. Sebanyak 20% laba, akan menjadi keuntungan bagi usaha koperasi,” ucapnya.

Paguyuban Pasundan juga berencana mendirikan Pasundan Mart di 27 Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Barat, mulai dari Kabupaten Bandung dan dilanjutkan di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Garut dan Tasik.

“Untuk modal Paguyuban Mart menggunakan tipe B dengan modal 44 juta sudah mendapatkan 70 item dan kelanjutannya akan dilakukan terus-menerus agar semakin berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi menambahkan hal ini upaya misi Paguyuban Pasundan sejak berdiri pada tahun 1913 untuk memerangi kemiskinan dan hal ini masih relevan hingga saat ini.

“Pasundan Mart adalah salah satu upaya untuk mengibarkan ekonomi, di mana kelak juga dapat  membuka banyak lapangan pekerjaan khususnya bagi alumni Pasundan sebagai tempat mengabdi,” jelasnya.

Selain itu, Paguyuban Pasundan ingin memiliki citra mampu berbisnis agar bisa berkontribusi dari usaha kecil untuk upaya besar pemerintah. Semoga Pasundan Mart bisa menjadi kebanggaan dalam upaya memerangi kemiskinan, memotivasi persaingan yang semakin ketat.

"Untuk selanjutnya kami berharap bisa mendirikan Rumah Sakit Pasundan yang terletak di Jalan Panata Yudha serta dapat mendirikan Bank Central Pasundan, untuk mengembalikan kejayaan Paguyuban Pasundan di bidang Ekonomi,” pungkasnya. (Okky Adiana)