DPRD Kota Bogor Anggarkan Rp9,5 miliar untuk Pengadaan Vaksin dan Insentif Nakes

DPRD Kota Bogor Anggarkan Rp9,5 miliar untuk Pengadaan Vaksin dan Insentif Nakes
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor mengusulkan anggaran pembelian vaksin dan insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) sebesar Rp9,5 miliar. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto usai menggelar acara refleksi akhir tahun DPRD Kota Bogor, di Kebun Raya Bogor, Minggu (20/12/2020).

Penganggaran ini dimaksudkan untuk memastikan warga Kota Bogor mendapatkan vaksin khususnya bagi warga yang kurang mampu dan tidak memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengatakan, anggaran untuk pengadaan vaksin Covid-19 sudah disiapkan di dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2021 dengan nilai Rp9,5 miliar.

"Kami anggarkan waktu itu untuk penanganan pembelian vaksin sebesar Rp9,5 miliar. Harapannya agar bisa membagikan vaksin yang memang nanti sudah teruji klinis dan dipilih pemerintah," kata Atang.

Dia melanjutkan, pembelian vaksin itu akan dibagikan kepada 1,1 juta warga Kota Bogor. Sehingga vaksin itu bisa dinikmati masyarakat Kota Bogor terutama warga yang tidak mampu tapi tidak memiliki BPJS.

"Di dalam anggaran tersebut pun sudah disiapkan anggaran untuk insentif nakes yang bertugas untuk memvaksin warga Kota Bogor. Itu sudah disetujui pemerintah kota dan sebelumnya memang tidak dianggarkan ini kami anggarkan," tegas Atang.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan tidak ada anggaran untuk pengadaan vaksin di Kota Bogor. 

"Belum ada, itu kan gratis dari pusat," ujar Bima sambil memasuki mobil.

Terpisah, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan vaksin Covid-19 itu gratis dari pemerintah pusat.

"Ini antigen atau vaksin? Setahu saya vaksin gratis. Presiden yang bicara," ungkap Dedie.

Diketahui, Presiden Joko Widodo sudah menyatakan akan menggratiskan vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia. (Rizki Mauludi)