Polda Jabar Siap Amankan Tiga Jalur Utama Dalam Operasi Lilin Lodaya 2020

Polda Jabar Siap Amankan Tiga Jalur Utama Dalam Operasi Lilin Lodaya 2020

INILAH, Bandung - Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Jabar siap melakukan pengamanan dan pelayanan pada tiga jalur utama dalam Operasi Lilin Lodaya 2020. Diantaranya, Jalur Tol, Arteri hingga tempat wisata.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi, mengatakan, selain memfokuskan pengamanan dan pelayanan pada tiga jalur utama. Pihaknya, juga akan melakukan penyekatan di sejumlah wilayah sesuai dengan arahan pemerintah daerah setempat di wilayah hukumnya.

"Jadi sudah diatur oleh Pemda masing-masing, jadi kita nanti hanya melakukan pengamanan, berkaitan dengan penyekatan yang ada di wilayah masing-masing. Berikutnya tentunya kita akan melaksanakan tiga jalur pengamanan, yakni jalur tol, jalur arteri, dan jalur wilayah ke tempat wisata," ucap Eddy saat ditemui usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (21/12/2020).

Eddy menyebutkan, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru 2021, polisi juga telah mendirikan pos pengamanan dan pelayanan pada sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Semuanya sudah kita siapkan, pos pelayanan, pos pengamanan, ada semuanya sudah tergelar, kita siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka pengamanan nataru," ungkap Eddy.

Khusus untuk rekayasan lalu lintas di Jalan Tol. Eddy menjelaskan hal tersebut sifatnya situasional. Namun, Dia memastikan tidak akan ada penutupan Jalan Tol yang dilakukan kepolisian.

"Tidak ada (penutupan jalan tol), kita lihat situasional saja, namanya situasional, apa apanya nanti kita lakukan rekayasa-rekayasa lantas yang terbatas," ujarnya.

Lebih lanjut, Eddy menambahkan, sejauh ini kondisi arus lalu lintas menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 relatif lancar dan kondusif. Selain itu, Dia pun mengimbau, kepada masyarakat Jawa Barat untuk merayakan Tahun Baru dirumah saja. Pasalnya, Pandemi Covid-19 belum dinyatakan berakhir.

"Sampai sejauh ini masih relatif lancar ya, relatif kondusif, sampai tadi malam masih kondusif, baik di tol, arteri, jalur wisata. Mudah-mudahan masyarakat sadar mengetahui saat ini masih pandemi covid, istirahat saja di rumah," pungkasnya.

Untuk diketahui, Polda Jabar menggelar Operasi Lilin Lodaya 2020 dalam rangka pengamanan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Operasi Lilin Lodaya 2020 digelar secara serentak di seluruh Indonesia dan akan berlangsung selama 15 hari terhitung mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. (Ridwan Abdul Malik)