Polres Garut Prioritaskan Pengamanan di Jalur Rawan Kecelakaan

Polres Garut Prioritaskan Pengamanan di Jalur Rawan Kecelakaan
Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Adi Benny Cahyono. (antara)

INILAH, Garut - Kepolisian Resor Garut menyebarkan personel gabungan untuk mengamankan libur akhir tahun Natal dan pergantian tahun 2020-2021 dengan prioritas pengamanan di jalur rawan kecelakaan dan macet di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Jalur rawan ada dua di Limbangan dan Kadungora itu kita persiapkan," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Adi Benny Cahyono usai pemusnahan minuman keras di Markas Polres Garut, Senin.

Ia menuturkan personel yang disiapkan untuk pengamanan Natal dan tahun baru sebanyak 907 orang terdiri dari Polres Garut, TNI dan instansi terkait lainnya dari jajaran Pemkab Garut.

Mereka, lanjut dia, tidak hanya disiagakan di jalur rawan macet dan kecelakaan, tapi juga disebar di seluruh pos pengamanan seperti di pusat perkotaan dan tempat wisata di Garut.

"Ada 907 personel terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait, dan tersebar dari mulai jalur utara dan selatan," kata Kapolres.

Ia menambahkan operasi pengamanan tahun ini berbeda dengan sebelumnya yakni melibatkan tim dari Dinas Kesehatan, dan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Garut karena pandemi masih terjadi di Indonesia.

Upaya pencegahan wabah Covid-19 di Garut, kata Kapolres, jajarannya bersama tim gugus tugas melakukan operasi disiplin protokol kesehatan terhadap masyarakat maupun pengguna jalan yang masuk ke Garut.

"Kita gabung tidak hanya untuk kelancaran lalu lintas, tapi saat ini kita gabung dengan razia yustisi, kita libatkan Dinkes dan gugus tugas," katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Garut AKP Asep Nugraha menambahkan jalur utama Garut yakni Limbangan dan Kadungora sudah dipasang sejumlah rambu-rambu lalu lintas untuk kenyamanan dan keamanan pengguna jalan.

Selain itu, lanjut dia, jajarannya sudah melakukan pembatasan jalan dan memusatkan tempat penyeberangan di titik rawan kemacetan seperti pasar agar masyarakat tidak sembarangan menyeberang sehingga arus lalu lintas lancar.

"Kami juga akan menggunakan jalur alternatif di Kadungora yang dapat membantu mengurai kemacetan di wilayah itu," katanya. (antara)