Menangi Pertandingan Lawan Wolverhampton, Burnley Tinggalkan Zona Merah

Menangi Pertandingan Lawan Wolverhampton, Burnley Tinggalkan Zona Merah
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bandung - Burnley meninggalkan zona merah klasemen Liga Inggris selepas mengatasi Wolverhampton 2-1 dalam laga pekan ke-14 di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Hasil itu merupakan kemenangan kedua Burnley yang memiliki catatan nirkalah dalam empat pertandingan terakhir dan kini mentas dari zona degradasi untuk naik ke urutan ke-16 dengan koleksi 13 poin.

Wolverhampton (20) yang menelan kekalahan ketiganya dalam lima penampilan terakhir harus rela tertahan di peringkat ke-11 setelah disalip Aston Villa (22) semalam, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tim besutan Nuno Espirito Santo sempat berpeluang untuk mencuri keunggulan lebih dulu pada menit ke-24 lewat sebuah serangan balik, tetapi tembakan penyelesaian Pedro Neto masih terlalu lemah dan mudah dijinakkan kiper Nick Pope.

Namun, Burnley yang tampil sabar akhirnya bisa memimpin atas tamunya saat Charlie Taylor mengirimkan umpan silang ke area tiang jauh di mana Ashley Barnes menyambutnya dengan sundulan sudut sempit untuk menaklukkan kiper Rui Patricio.

Wolverhampton berusaha membalas, tetapi dua peluang Ruben Neves dari tendangan bebas dan tembakan luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang.

Keunggulan Burnley bertahan hingga turun minum dan hampir digandakan pada menit ke-50 jika saja tembakan melengkung Josh Brownhill yang sudah memperdaya Patricio tak ditolak mistar gawang.

Semenit berselang, kerja keras Burnley membuahkan hasil saat Chris Wood lepas dari kawalan menyambut umpan sundulan Ben Mee dalam situasi tendangan bebas dengan sepakan jarak dekat untuk mengubah kedudukan jadi 2-0.

Wasit Lee Mason dan VAR sempat meninjau sejenak dugaan Mee terjebak offside dalam proses serangan sebelum mengesahkan gol tersebut.

Sejak gol itu, Wolverhampton mengambil alih kendali permainan berusaha mencari cara untuk membalas tetapi sundulan Neto menyambut umpan silang Adama Traore masih di atas mistar gawang.

Keasyikan menyerang, gawang Wolverhampton hampir kemasukan gol ketiga saat Wood menerima umpan jauh kiriman Ashley Westwood, tetapi tembakan penyelesaiannya masih bisa dihalau Patricio menggunakan kakinya.

Upaya Wolverhampton baru membuahkan hasil pada menit ke-89 saat Fabio Silva mengkonversi tendangan penalti setelah ia dijatuhkan Josh Benson di dalam area terlarang.

Pada injury time, Wolverhampton memperoleh satu peluang lain yang diciptakan umpan silang Traore ke area tiang jauh, tetapi tembakan voli Romain Saiss masih melenceng dari sasaran, memastikan kemenangan bagi tuan rumah.

Hasil itu jadi keberhasilan Sean Dyche menjaga tren positif berupa lima laga kandang tak terkalahkan kontra Wolverhampton di Liga Inggris.

Kedua tim selanjutnya akan kembali merumput pada Minggu (27/12) untuk laga pekan ke-15 saat Burnley melawat ke markas Leeds United dan Wolverhampton menjamu Tottenham Hotspur di Molineux. (antara)