Oded Resmikan Objek Wisata Sungai Kabut

Oded Resmikan Objek Wisata Sungai Kabut
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial meresmikan tempat wisata Sungai Kabut yang berada di aliran Sungai Cilaki, Taman Kandaga Puspa, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Selasa (22/12/2020).

Selain tempat duduk berundak yang dapat dimanfaatkan warga sebagai tempat istirahat, terdapat banyak ikan di dalam air sungai yang jernih tersebut. Adapun kabut buatan, akan muncul di setiap jam tertentu. 

"Saya berharap, Sungai Kabut yang berada di Taman Kandaga Puspa ini dapat dimanfaatkan masyarakat, dan menjadi kolam retensi untuk meminimalisir banjir," kata Oded seusai peresmian. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan selama ini Taman Kandaga Puspa hanya dimanfaatkan warga sebatas taman dan kolam retensi semata. 

"Fungsi utamanya kolam retensi, sekarang ditambah penguatan fungsi sosialnya. Jadi kalau kemarin yang hidup Taman Lansia, di sini kurang. Jadi nanti diharapkan ada pengunjung ke sini," kata Didi. 

Menurutnya, pada Sungai Kabut terdapat kabut air yang berasal dari nozzle berukuran nano menggunakan pompa. Sungai Kabut itu sendiri, dituturkannya memiliki luas 1.700 meter persegi. 

"Karena ini masih zona merah, sekarang masih ditutup sampai ada relaksasi lagi. Apabila level kewaspadaan berubah lebih baik, masyarakat dapat beristirahat dan relaksasi di Sungai Kabut ini," ucapnya. 

Didi menambahkan, jadwal operasional Sungai Kabut yakni pada Senin sampai Jumat pukul 08.00-08.15 WIB, dan pukul 16.00-16.15 WIB serta Sabtu-Minggu pukul 07.30-07.45 WIB, 12.00-12.15 WIB, dan 16.00-16.15 WIB. (Yogo Triastopo)