Berbagi Peran dan Mendisiplinkan Diri Menjadi Kunci Utama

Berbagi Peran dan Mendisiplinkan Diri Menjadi Kunci Utama
istimewa

INILAH, Bandung - Di momentum Hari Ibu, sebagai perempuan bekerja dan memilih pekerjaan sebagai dosen dan memiliki anak-anak yang bersekolah, masa pandemi ini adalah tantangan tersendiri.

"Saya bekerja dari rumah dan anak-anak pun bersekolah dari rumah. Waktu yang biasa digunakan secara bersamaan untuk saya bekerja dan anak-anak bersekolah menjadi bentrok saat pandemi ini. Terlebih saat saya mendapat jadwal mengajar di pagi hari," ujar Dosen Prodi Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Dheka Dwi Agustiningsih, Selasa (22/12/2020).

Menurut Dheka, membuat jadwal bersama seluruh anggota keluarga, berbagi peran dan mendisiplinkan diri menjadi kunci. Peran domestik dan publik dibagi sesuai kemampuan. Meski pagi hari mahasiswa tetap harus belajar dan anak-anak tetap harus sarapan, begitu kiranya.

"Lalu, berdasarkan kesepakatan bersama yang telah kami buat, anak-anak belajar bersama kami mulai pukul 16.00 setelah kami selesai mengajar. Alhasil, anak-anak kami seperti belajar ala kelas karyawan," tambah Dheka.

Kendati begitu kata Dheka, ada berbagai kendala yang harus dihadapi tentu saja. Mulai dari kelelahan sampai pekerjaan yang bertumpuk jika menunda sedikit saja.

"Harapannya di Hari Ibu ini, setiap ibu/perempuan dapat memberi pendidikan terbaik untuk anak-anaknya dan itu didukung oleh kebijakan-kebijakan pemerintah," tuturnya. (Okky Adiana)