Tel-U Kembangkan PJU Tenaga Surya di Desa Margamukti Pangalengan

Tel-U Kembangkan PJU Tenaga Surya di Desa Margamukti Pangalengan
istimewa

INILAH, Bandung - Dosen Telkom University (Tel-U) berusaha menjembataninya dalam sebuah program kemitraaan masyarakat (PKM) untuk membantu mengembangkan pembangunan penerangan jalan umum (PJU) energi terbarukan berbasis panel surya di Kampung Padamukti di Wilayah Desa Margamukti, Kecamatan Pengalengan Kabupaten Bandung.

Tim Dosen Tel-U terdiri dari Ketua PKM Tri Nopiani Damayanti dengan anggota Ratna Gema dan Irma Safitri. Pelaksanaan PKM ini berkolaborasi dengan komunitas muda-mudi Kampung Padamukti dimana pembangunan PJU Panel Surya. Saat pembangunan PJU berbasis Panel Surya, Tim dosen dibantu oleh para mahasiswa Tel-U selain itu juga dibantu oleh warga Kampung Padamukti.

Tri mengatakan, pemilihan penggunaan teknologi energi terbarukan berbasis Panel Surya didasarkan karena melihat potensi wilayah geografis Desa Margamukti yang berada di area pegunungan dan banyak mendapatkan intensitas cahaya matahari langsung serta PJU Panel Surya tidak membutuhkan konsumsi listrik dari PLN.

“Kami sebagai Tim Dosen Tel-U akan membangun PJU berbasis Panel Surya di dua titik area perkebunan teh yang merupakan akses jalan umum menuju Kampung Padamukti dan penempatannya telah kami koordinasikan dengan Kepala Desa Margamukti dan Ketua RT/RW Kampung Padamukti,” ujar Tri di kampus Tel-U, Selasa (22/12/2020).

Selain itu, dia juga menuturkan pembangunan PJU berbasis panel surya merupakan salah satu rangkaian program PKM yang diterima Tim Dosen Tel-U dari hibah PKM dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) tahun 2020.

Dia berharap pembangunan PJU berbasis Panel Surya ini dapat membantu meningkatkan keamanan aktivitas warga di malam hari serta sebagai langkah awal mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi bagi Desa Margamukti.

"Sehingga dapat mengurangi konsumsi beban listrik PLN dalam infrastruktur desanya," tambah Tri. (Okky Adiana)