Pemkab Purwakarta Kecolongan Ada Ladang Ganja di Sukasari

Pemkab Purwakarta Kecolongan Ada Ladang Ganja di Sukasari
INILAH, Purwakarta - Sejumlah pihak di Kabupaten Purwakarta mengaku kecolongan ikhwal adanya ladang ganja di Kecamatan Sukasari. Mengingat lokasi penemuan ganja ini berada di lokasi yang jarang dijamah manusia. 
 
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui temuan ladang ganja ini tidak terdeteksi oleh pemerintahan. Posisi lahan ganja tersebut berada di tanah milik Perhutani.
 
"Kami tak bisa mendeteksi karena memang keberadaan lahan tersebut di luar ranah kewenangan kami," ujar Anne kepada wartawan, Senin (19/2/2019).
 
Penemuan lading ganja tersebut, kata Anna, menjadi perhatian serius jajarannya. Supaya tak terulang, pihaknya telah mengintruksikan seluruh jajaran pemerintahan hingga tingkat desa untuk melakukan pengawasan ekstra. 
 
"Lahan tidur yang ada harus mulai diawasi. Terutama yang ada di daerah terpencil. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang digunakan untuk kejahatan," jelas dia. 
 
Terpisah, Camat Sukasari Jaya Pranolo menjelaskan, lahan yang digunakan sebagai ladang ganja ini berada di luar jangkauannya. Terlebih lokasi penemuan berada di lahan milik perhutani. Selain itu akses ke lokasi cukup sulit.
 
Untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya telah menguatkan koordinasi dengan unsur terkait di kecamatan. Apalagi, kondisi geografis Kecamatan Sukasari yang merupakan wilayah perbukitan, sangat rentan. 
 
"Kami juga berharap peran serta masyarakat. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan, segera lapor," pungkasnya.