Kabar Baik untuk Warga Jabar, Bansos Tahap IV Cair Pekan Ini

Kabar Baik untuk Warga Jabar, Bansos Tahap IV Cair Pekan Ini

INILAH, Bandung – Sempat simpang siur, akhirnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat menunaikan janjinya untuk memberikan bantuan sosial (bansos), sebanyak empat tahap pada 2020. Pekan ini, bantuan dalam rangka penanganan dampak sosial pandemi Covid-19 tersebut bakal dicairkan dan harus selesai sebelum memasuki 2021.

Pada tahap IV kali ini, ada penurunan yang cukup signifikan dari jumlah nilai bantuan. Jika pada tiga tahap sebelumnya sebesar Rp 500 ribu, sekarang hanya menjadi Rp 100 ribu. Mekanisme penyalurannya akan melalui empat lembaga, yakni PT. POS Indonesia, Bank Jabar Banten (BJB) dan Himbara (BRI dan Mandiri).

Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Siti Muntamah mengatakan, total jumlah penerima pada tahap IV sebanyak 1.903.583 jiwa. Lebih besar dari target Gubernur Ridwan Kamil, yang mematok jumlah penerima hanya sebanyak 1,7 juta di tiap tahap.

“Akhirnya sudah diputuskan, melalui surat dari Sekda Jawa Barat per hari ini terkait bansos tahap IV. Bansos sebesar Rp 100 ribu rupiah akan dicairkan secepatnya dan harus sudah selesai akhir bulan ini. Jumlah penerima sekitar 1,9 juta orang,” ujar Siti kepada INILAH, Selasa (22/12/2020).

Dia berharap meski nilai bantuan tidak sebesar seperti tiga tahap sebelumnya, namun tetap dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Siti pun meminta kepada masyarakat, untuk dapat memahami dan maklum dengan adanya penurunan nilai bansos tersebut. (Yuliantono)