Bima Arya Serahkan Buku Nikah ke 54 Pasangan Itsbat Nikah

Bima Arya Serahkan Buku Nikah ke 54 Pasangan Itsbat Nikah
Bima Arya Serahkan Buku Nikah ke 54 Pasangan Itsbat Nikah

INILAH, Bogor - Setelah dilakukan rangkaian itsbat nikah massal pada bulan Agustus 2020 lalu yang diinisiasi oleh Kerukunan Warga Bogor (KWB), akhirnya sebanyak 54 pasangan suami istri peserta itsbat nikah menerima Buku Nikah secara langsung dari Wali Kota Bogor, Bima Arya di gedung indoor GOR Padjajaran, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Rabu (23/12/2020) siang.

"Itsbat nikah massal ini sangat membantu warga yang sudah sah nikahnya secara agama, namun tidak tercatat oleh negara karena terkendala biaya, administrasi dan sebagainya. Tentu, saya apresiasi untuk KWB yang telah melaksanakan Itsbat Nikah Massal meskipun ditengah pandemi sekarang ini," ungkap Bima kepada wartawan.

Bima melanjutkan, dilaksanakannya itsbat nikah massal sangat membantu dan memudahkan bagi para pasangan yang sudah mengikuti sidang di Pengadilan Agama (PA) Bogor untuk mengurus segala macam dokumen pribadi.

"Sekarang para pasangan suami istri ini sudah memiliki buku nikah dan sudah resmi, jadi bisa dengan mudah mengurus segala hal bentuk dokumen," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Itsbat Nikah Massal, Dudi Mauludi mengatakan, Itsbat Nikah Massal ini sudah dimulai sejak bulan Agustus 2020 dengan sosialisasi kepada warga se-Kota Bogor. Pada awalnya panitia merencanakan kegiatan itsbat nikah ini dapat mengakomodir 200 pasangan yang pernikahannya belum tercatat atau terdaftar di KUA.

"Dikarenakan situasi sedang pandemi dan banyak keterbatasan, hanya sekitar 103 pasangan yang mengambil formulir. Kemudian, hanya 69 pasangan yang mengembalikan formulir dan hanya 54 pasangan yang memenuhi persyaratan untuk bisa diajukan permohonan nikah itsbat ke Pengadilan Agama Bogor," ungkapnya.

Sementara itu, inisiator itsbat nikah masal yang juga sekretaris KWB, Anita Primasari Mongan mengatakan, kegiatan itsbat nikah ini merupakan tahun ke 2. Memang peserta tahun 2020 ini tidak mencapai target 100 pasangan, dikarenakan pandemi Covid-19. KWB Kota Bogor juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, sehingga dapat terlaksana acara ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara itsbat nikah masal ini. Ucapan selamat juga bagi pasangan suami istri yang telah mendapatkan legalitas buku nikah. Acara ini akan kembali dilaksanakan di tahun depan, semoga pesertanya bertambah banyak," pungkasnya.(rizki mauludi)