Wakaf Salman Memberikan Bantuan Kepada Masjid Lautze 2 Bandung

Wakaf Salman Memberikan Bantuan Kepada Masjid Lautze 2 Bandung
istimewa

 

INILAH, Bandung - Wakaf Salman ITB memberikan bantuan senilai Rp.200.000.000, (dua ratus juta rupiah) kepada Masjid Lautze 2 untuk pembebasan lahan.

Ketua DKM Lautze-2, Koko Rahmat mengatakan Masjid Lautze 2 didirikan pada tahun 1997 di Jalan Tamblong 27, Kota Bandung. Nama Masjid Lautze sendiri berasal dari nama jalan tempat didirikannya Masjid Lautze yang pertama yaitu Jalan Lautze di Kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

"Masjid Lautze 2 Bandung sendiri didirikan oleh Komunitas Muslim Tionghoa di Bandung dengan menyewa satu petak ruko berukuran 6x7 Meter dengan kondisi sempit dan cahaya matahari yang kurang," ujar Koko, Jumat (25/12/2020).

Dia mengatakan pada tahun 2016 sampai 2017, Masjid Lautze 2 direnovasi agar lebih nyaman digunakan beribadah dan belajar agama Islam. Masjid dengan arsitektur unik tersebut juga meningkatkan aktivitasnya terutama di wilayah sosial seperti berbagi kudapan di Jumat Berkah untuk para Jamaah.

Hingga saat ini renovasi yang telah dilakukan oleh Masjid Lautze 2 diantaranya adalah renovasi masjid, renovasi sarana prasarana dan, pembebasan lahan termasuk juga rumah singgah bagi para mualaf.

"Dari tahun ke tahun, jamaah dari Masjid Lautze 2 sendiri terus bertambah, hingga saat ini terhitung sudah 139 mualaf yang sudah bersyahadat. Selain sebagai tempat singgah mualaf, Masjid Lautze juga menyediakan kelas Pra Tahsin untuk para mualaf. Sebanyak 5 kelas telah tersedia dengan peserta pembinaan sejumlah 60 orang," paparnya.

Pada saat ini, Masjid Lautze 2 dapat menampung jamaah sebanyak 200 orang. Namun, pada pelaksanaan shalat Jumat atau hari besar lainnya, kurang lebih sebanyak 1000
jamaah dapat beribadah di Masjid Lautze ditambah dengan penyediaan tempat dari halaman hingga Jalan Kejaksaan.

Direktur Wakaf Salman ITB, M. Khirzan N. Noe’man menambahkan Wakaf Salman ITB sejauh ini telah berkontribusi dalam pengembangan dan pembangunan Masjid Lautze 2, diantaranya adalah dalam perbaikan sarana prasarana, renovasi toilet dan tempat wudhu, dan yang terbaru adalah penyaluran mesin Reverse Osmosis (RO) yang mengubah air baku menjadi air siap minum bagi jamaah.

Setelah pembebasan lahan selesai dilakukan, Masjid Lautze 2 berencana untuk merenovasi penyempurnaan bangunan dan fasilitas di ruko 25, 27, dan 29 yang diharapkan rampung sebelum bulan ramadan tahun 2021.

"Bertepatan dengan momen Milad Wakaf Salman yang ke 4 tahun ini, Wakaf Salman berharap dapat lebih banyak berkontribusi dalam membantu umat untuk menghadapi berbagai macam permasalahan sosial. Semoga doa dan harapan kita di tahun depan akan menjadikan kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat untuk masyarakat," pungkas Khirzan. (Okky Adiana)