Bikin Ngiler, Ini Dia Keunggulan Galaxy A51

Bikin Ngiler, Ini Dia Keunggulan Galaxy A51
ilustrasi/net

INILAH, Jakarta- Setelah Samsung Galaxy A50 laris di pasaran dan menarik perhatian banyak orang. Tak berselang lama, Samsung merilis generasi terbarunya, yakni Samsung Galaxy A51.

Sebagai generasi penerus, perangkat satu ini hadir dengan spesifikasi yang lebih unggul dengan harga yang tidak jauh berbeda. Pada awal perilisannya, Anda bisa membeli Samsung Galaxy A51 dengan harga sekitar Rp 4 jutaan.

Layaknya Samsung A series lainnya, perangkat ini hadir dengan desain yang trendy dan tampak begitu stylish. Sehingga tidak heran jika banyak anak muda yang tertarik untuk menggunakannya. Selain memiliki keunggulan dari segi desain, masih banyak kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Samsung satu ini. Diantaranya dalam segi prosesor, kualitas kamera, hingga kapasitas baterai.

Unggulnya spesifikasi yang ditawarkan membuat berbagai macam aktivitas bisa dengan lancar dilakukan menggunakan Samsung Galaxy A51. Untuk membuat Anda merasa lebih yakin dalam menggunakannya, berikut spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A51.

Bodi

Perangkat yang satu ini hadir dengan dimensi 158.5 x 73.6 x 7.9 mm dengan bobot 172 gram. Untuk sebuah smartphone dengan layar yang lebar, bobot tersebut tentu terbilang sangat ringan. Bahkan, bisa dibilang sangat ringan dibandingkan dengan merk smartphone lainnya di kelas yang sama. Di bagian depannya juga telah dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 3 yang membuatnya begitu awet dan tahan terhadap benturan. Sedangkan bodi belakangnya terbuat dari material plastik yang begitu berkualitas. Sama seperti generasi sebelumnya, perangkat ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap debu dan juga air.

Bodinya yang begitu solid membuat perangkat ini begitu nyaman dalam genggaman Anda. Tak hanya itu, perangkat ini juga memiliki bobot yang bisa dibilang begitu ringan. Hal ini tentu menambah kenyamanan Anda selama menggunakan Samsung Galaxy A51. Sekalipun hanya menggenggam perangkat ini menggunakan satu tangan. Di sisi lain, desain persegi panjang yang dimiliki membuat perangkat ini tampak semakin premium saja. Tersedia empat varian warna yang bisa Anda jadikan pilihan, diantaranya yakni Prism Crush Black, Prism Crush Blue, Prism Crush White, dan terakhir Prism Crush Pink.

Layar

Seperti generasi sebelumnya, Samsung Galaxy A51 ini juga masih menggunakan layar berpanel Super AMOLED yang begitu berkualitas. Kualitasnya yang bagus ini memberikan visual warna yang beragam dan tampak nyaman dipandang mata. Hadir dengan ukuran 6.5 inci serta resolusi 1080 x 2400 pixel. Ukuran layar yang luas dengan resolusi besar ini sangat nyaman digunakan untuk menonton film hingga memainkan sebuah game online. Mengingat resolusi tersebut mampu menampilkan gambar hingga Full HD+.

Perangkat ini memiliki rasio screen to body mencapai 87.4% yang membuatnya semakin tampak lebar saja. Saking lebarnya streaming serial favorit Anda akan terasa sangat nyaman menggunakan perangkat satu ini. Di bagian layarnya juga telah dilengkapi perlindungan Corning Gorilla Glass 3, sehingga Anda tak perlu khawatir jika perangkat tidak sengaja tergores atau jatuh.

Prosesor

Mengingat perangkat ini terbilang baru, Samsung Galaxy A51 sudah menggunakan sistem operasi Android 10. Sedangkan perihal chipsetnya, Galaxy A51 mendapatkan dukungan dari chipset buatannya sendiri, yakni Exynos 9611. Di mana chipset tersebut mampu membuat smartphone ini bekerja dengan sangat bagus dalam membuka berbagai macam aplikasi. Baik itu aplikasi yang ringan maupun yang berat sekalipun.

Bahkan, membuka beberapa aplikasi sekaligus tidak akan membuat perangkat bekerja dengan lambat atau bahkan lemot. Beralih pada kartu grafisnya, smartphone ini mendapat dukungan dari kartu grafis Mali-G72 MP3. Kartu grafis tersebut membuat Galaxy M51 mampu menampilkan visual dengan sangat baik. Di mana pengalaman bermain game Anda akan terasa menyenangkan menggunakan perangkat satu ini.

Performanya yang bagus ditunjang dengan kapasitas RAM yang terbilang besar. Anda sebagai pengguna juga bisa memilih satu diantara tiga kapasitas RAM yang tersedia. Ketiganya yakni RAM 4 GB, 6 GB, dan yang paling besar adalah 8 GB. Ketiga kapasitas RAM tersebut terbilang besar mengingat smartphone ini dijual dengan harga yang terjangkau. Agar tidak bingung dalam memilih kapasitas RAM yang tepat, cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan performa perangkat yang handal untuk memainkan game berat atau melakukan proses editing, kapasitas RAM sebesar 6 GB atau 8 GB. Dengan begitu, kinerja smartphone bisa lebih maksimal dan anti lemot. Meski kapasitas RAM 4 GB terbilang cukup besar, tetap saja Ram 6 GB akan lebih cocok untuk menunjang aplikasi yang berat. Namun, semakin besar kapasitas RAM yang Anda pilih, harga dari Samsung Galaxy A51 juga akan semakin mahal.

Kapasitas memori internal yang tersedia juga terbilang sangat beragam, sehingga lagi-lagi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan kapasitas memori internal yang tersedia adalah 64 GB dan 128 GB. Jika kapasitas memori internal tersebut masih terasa kurang untuk menyimpan ratusan hingga ribuan file yang Anda miliki, jangan khawatir. Pasalnya, Samsung tidak lupa untuk menyematkan sebuah slot memori eksternal. Di mana Anda bisa menambahkan MicroSD dengan kapasitas hingga 512 GB. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi bingung jika kapasitas memori Galaxy A51 akan habis.

Quad Camera

Kamera memang menjadi salah satu aspek yang selalu diunggulkan oleh Samsung. Tidak tanggung-tanggung, perangkat satu ini hadir dengan konsep quad camera atau empat buah kamera di bagian belakang. Hal ini tentu sebuah peningkatan, mengingat generasi sebelumnya hanya dilengkapi dengan tiga buah kamera saja. Kamera utama Samsung Galaxy A51 memiliki resolusi yang tinggi, yakni mencapai 48 MP sebagai lensa wide.

Jika bentangan layar pada lensa wide terasa kurang, Anda masih bisa memanfaatkan lensa kedua yang bertindak sebagai lensa ultrawide dengan resolusi 12 MP. Kamera yang luas ini akan sangat cocok untuk memotret keindahan alam saat sedang berlibur. Mengambil foto group dengan jumlah anggota yang banyak juga bisa Anda lakukan menggunakan kamera kedua ini. Beralih pada kamera ketiga, Samsung menghadirkan kamera makro 5 MP dan tak lupa kamera kedalaman untuk memberikan efek bokeh pada foto.

Dengan keempat kamera tersebut, kualitas hasil jepretan Anda akan terasa begitu memukau. Bahkan, Anda bisa tetap menghasilkan foto yang bagus sekalipun pada pencahayaan yang bisa dibilang kurang. Pasalnya, kamera Samsung ini mampu memberikan detail yang lebih halus serta noise yang tidak terlalu banyak. Di sisi lain, tingkat saturasi seimbang yang dimiliki membuat kamera ini mampu menampilkan warna yang tampak begitu bagus dan terlihat natural.

Fitur yang ada pada kamera ini juga beragam, mulai dari LED Flash yang bisa digunakan pada cahaya minim, panorama, HDR, hingga live fokus. Selain bagus untuk menunjang hobi fotografi Anda, kualitas kamera yang ditawarkan perangkat ini juga dapat menunjang perekaman video Anda. Bahkan, Anda bisa membuat konten vlog yang berkualitas menggunakan perangkat satu ini. Mengingat Galaxy A51 bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K.

Kamera Selfie

Tidak mau ketinggalan dengan kamera belakangnya yang begitu berkualitas, kamera selfie perangkat ini juga hadir dengan resolusi yang sangat besar, yakni 32 MP. Sebuah resolusi yang mumpuni untuk sebuah kamera depan. Dengan resolusi yang besar ini, Anda bisa mendapatkan kualitas foto selfie yang begitu detail serta hasil yang lebih jernih. Hasil yang jernih dan bagus tersebut juga ditunjang oleh adanya fitur live focus. Kamera depan yang merupakan lensa wide ini juga bisa Anda gunakan untuk memotret wefie atau selfie secara grup. Layaknya kamera belakang, kamera selfie Galaxy A51 juga bisa digunakan untuk merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps. Ada juga opsi perekaman lainnya yakni 1080p di fps yang sama.

Baterai

Perihal kapasitas baterai, perangkat ini hadir dengan kapasitas yang sama persis dengan saudaranya, yakni memiliki baterai sebesar 4000 mAh. Untuk penggunaan normal, perangkat ini bisa bertahan hingga seharian penuh. Meski banyak smartphone dengan harga lebih murah memiliki kapasitas serupa, namun bukan berarti perangkat ini tidak layak untuk dijadikan pilihan. Pasalnya, Samsung telah menyematkan sebuah teknologi fast charging 15W di dalamnya. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk melakukan proses pengisian daya dengan begitu cepat.

Sekalipun sedang terburu-buru, Anda masih bisa menyempatkan waktu untuk charging guna menambah daya yang cukup. Adanya teknologi AI pada Galaxy A51 juga membuat baterainya bisa bekerja secara efisien. Di mana hal ini membuat daya baterainya tidak cepat habis. Hal ini membuat daya baterai juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki perangkat ini.

Konektivitas

Tidak hanya dilengkapi dengan konektivitas bluetooth dan WiFi saja, perangkat ini juga telah dilengkapi dengan fitur NFC di dalamnya. Adanya fitur ini semakin menambah kesan canggih yang dimiliki Samsung Galaxy A51. Pasalnya, selain membuat proses pengiriman file lebih mudah, Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan pembayaran cashless. Perangkat ini juga telah mendukung USB Type-C yang akan membuat proses charging semakin cepat saja. Beralih pada konektivitas internetnya, Galaxy A51 telah dibekali dengan jaringan hingga LTE. Perangkat ini telah didukung dengan Dual SIM card yang memungkinkan Anda untuk menggunakan dua kartu SIM sekaligus. Dengan kata lain, Anda tidak membutuhkan dua smartphone jika ingin memiliki dua nomor aktif sekaligus.