Tahun ini, BAZNAS Kabupaten Cirebon, Salurkan Bantuan Rp. 19 Miliar

Tahun ini, BAZNAS Kabupaten Cirebon, Salurkan Bantuan Rp. 19 Miliar
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Tahun ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cirebon, sudah menyalurkan bantuan sebesar Rp 19 Miliar. Bantuan tersebut, diterima oleh lebih dari 81 ribu warga.
 

Bupati Cirebon  Imron, mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Kabupaten Cirebon. Menurutnya, BAZNAS sangat membantu dan mendukung terlaksananya program pemerintah kabupaten.

"Kalau tidak ada BAZ, kami cukup kewalahan membantu masyarakat Kabupaten Cirebon yang membutuhkan," kata Imron, Minggu (27/12/2020)

Imron menjelaskan, total bantuan sebesar Rp.19 Miliar itu, berdasarkan data dari Dinas Sosial. Dari 81 ribu penerima, terdapat 9.500 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kabupaten Cirebon, yang perlu mendapatkan bantuan. Melalui program dari BAZNAS Kabupaten Cirebon inilah, ratusan Rutilahu di Kabupaten Cirebon sudah berhasil diperbaiki. 

Untuk mendapatkan bantuan, lanjutnya, harus melalui proses yang cukup berliku. Untuk bisa mendapatkan bantuan tahun sekarang, maka harus diusulkan pada bulan Januari sampai Agustus pada tahun sebelumnya.

"Kalau diajukannya Oktober - Desember, anggarannya baru bisa didapatkan dua tahun kemudian," ungkap Imron.

Namun, berkat dukungan dari BAZNAS, realisasi bantuan bisa dipercepat. Masalahnya, warga sangat membutuhkan bantuan tersebut. Imron juga mendorong kepada masyarakat yang memiliki rezeki lebih, untuk bisa menyalurkannya melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon.

"Lewat BAZNAS semua proses bantuan bisa secepatnya terealisasi. Ini sangat membantu sekali untuk menutupi kebutuhan masyarakat yang mendesak," terang Imron.

Hal senada dikatakan Ketua BAZNAS Kabupaten Cirebon Budiman Mahfud. Tapi aku Budiman, justru bantuan yang disalurkan oleh BAZNAS, tidak lepas dari peran Bupati Cirebon. Hal itu karena, besarnya dana yang dikelola oleh BAZNAS Kabupaten Cirebon, terjadi pasca adanya intruksi yang dikeluarkan oleh Bupati kepada seluruh ASN Kabupaten Cirebon. 

"Pak Bupati mengintruksikan kepada seluruh ASN, untuk menyalurkan infaknya melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon. Justru disini peran Pak Imron sangat besar," ucapnya. 

Budiman menyebutkan, dari total 13 ribu ASN di Kabupaten Cirebon, sekitar 90 persen diantaranya, sudah menyalurkan infaknya melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon. Para ASN tersebut, setiap bulannya menyalurkan infak sebesar Rp 100 ribu. Alhasil, dana yang dikelola oleh BAZNAS Kabupaten Cirebon setiap bulannya, mencapai Rp 1 Miliar lebih.

Pada kesempatan tersebut, BAZNAS juga menyalurkan bantuan untuk 31 lembaga, satu pondok pesantren, 8 rutilahu, dua pengobatan dan satu beasiswa. Total keseluruhan bantuan yang diberikan hari itu sebesar Rp.623juta. (maman suharman)