XL Axiata Berkomitmen Dukung Pengembangan UMKM Perempuan

XL Axiata Berkomitmen Dukung Pengembangan UMKM Perempuan
istimewa

INILAH, Bandung -  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Guna mendukung upaya pengembangan UMKM yang dikelola kalangan perempuan serta dalam rangka rangkaian kegiatan PHI, XL Axiata menyelenggarakan acara “Festival Webinar Pintar Sisternet” berkolaborasi dengan sejumlah tokoh publik dan pelaku wirausaha perempuan milenial yang memiliki pengalaman membangun dan menjalankan bisnisnya dan juga memberikan gambaran terkait tren bisnis apa saja yang akan booming pada 2021. 

Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Indra Gunawan mengatakan,p[emberdayaan perempuan di bidang ekonomi merupakan bidang strategis yang perlu mendapat perhatian bersama. 

"Hal itu juga menjadi salah satu prioritas yang dimandatkan oleh Bapak Presiden kepada Menteri PPPA yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan. Hal ini menunjukkan bahwa peran perempuan sangat penting dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi bangsa," katanya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan lebih dari separuh UMKM di Indonesia dimiliki dan dikelola perempuan. Peran mereka tersebut berdampak besar pada perekonomian Indonesia dan masyarakat luas. 

"Melalui Program Sisternet, XL Axiata berusaha untuk terus-menerus mendorong UMKM Perempuan Indonesia untuk mampu memanfaatkan teknologi digital guna mengembangkan usahanya. Melalui Festival Webinar Pintar Sisternet ini, kami berharap tingkat pemahaman masyarakat, terutama teman-teman pelaku UMKM perempuan akan semakin meningkat,” ujarnya. 
 
Dengan mengikuti Festival Webinar Pintar Sisternet ini, selain akan bisa meningkatkan literasi digital yang bermanfaat untuk pengembangan bisnis yang mereka kelola, para perempuan pelaku UMKM berkesempatan mendapatkan peluang bisnis, baik berupa pasar yang baru maupun mitra bisnis baru. 

Bekerja sama dengan Bank OCBC NISP sebagai mitra perbankan, Sisternet juga membuka peluang pendanaan dalam Kompetisi Modal Pintar senilai total Rp50 juta dengan cara submit artikel melalui www.sisternet.co.id. XL Axiata berharap acara ini akan diikuti secara virtual oleh sekitar 2.500 peserta dari berbagai daerah, terutama para pelaku UMKM perempuan.  
 
Selama dua hari penuh, peserta Festival Webinar Pintar Sisternet bisa mengikuti 14 sesi webinar yang membahas beragam tema terkait wirausaha, antara lain mengenai branding, pembuatan konten digital, virtual make-up, strategi branding makanan dan minuman, fotografi, dan kesetaraan gender. Selain itu juga ada tema mengenai pengelolaan keuangan, literasi digital, dan membangun karir bagi kaum perempuan milenial. 
 
“Bank OCBC NISP menyadari kesetaraan gender ini bukan hanya terkait isu sosial, tetapi adalah terkait kemajuan ekonomi bangsa. Untuk itu, Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan UMKM perempuan dengan menghadirkan program #TAYTB Women Warriors yang memberikan solusi menyeluruh, lebih dari dukungan finansial, tetapi juga termasuk solusi manage, grow dan live mulai dari dukungan operasional sampai dengan pengembangan kemampuan. Pada Festival Webinar Pintar Sisternet ini, kami menghadirkan sesi yang membahas potensi dan peluang UMKM perempuan. Selain itu, Bank OCBC NISP juga berkolaborasi dengan Sisternet untuk membuka peluang pendanaan dalam Kompetisi Modal Pintar senilai total Rp50 juta bagi UMKM Perempuan. Kami berharap inisiatif ini dapat menjawab tantangan yang dihadapi, sehingga UMKM Perempuan dapat terus meningkatkan kualitas, serta berperan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelas Workplace Banking Division Head Bank OCBC NISP Eny Surjani Tanudiredja.
 
Acara ini juga merupakan hasil kolaborasi Bank OCBC NISP bersama dengan XL Business Solution, XL Home, XL Prioritas dan XL Future Leaders. Diluncurkan pertama kali pada 23 April 2015, Sisternet kini memiliki lebih dari 28 ribu anggota. Untuk terus meningkatkan nilai manfaat bagi kaum perempuan Indonesia, Sisternet menjalin kerja sama dengan berbagai komunitas dan organisasi perempuan, juga dengan banyak pegiat sosial di berbagai daerah. Selain itu, Sisternet juga aktif bekerja sama dengan sejumlah instansi pemerintah, selain dengan Kementerian PPPA juga dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kementerian Kesehatan. (*)