GP Anshor Kota Bandung Larang Kader Rayakan Malam Tahun Baru

GP Anshor Kota Bandung Larang Kader Rayakan Malam Tahun Baru
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bandung mengintruksikan kadernya untuk tidak merayakan perayaan malam pergantian tahun baru. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum dinyatakan berakhir. 

Ketua GP Ansor Kota Bandung, Aa Abdul Rozak mengatakan, keputusan tersebut diambil dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya untuk menghindari terjadinya kerumunan yang berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19. 

"Kita sama-sama ketahui bahwasaanya pemerintah provinsi maupun kota telah mengambil kebijakan untuk melarang perayaan malam pergantian tahun. Oleh karena itu, demi kemaslahatan masyarakat kami merasa perlu mendukung langkah yang baik tersebut," ucap Rozak saat ditemui di Sekretariat GP Ansor Kota Bandung, Jalan Yuda, Senin (28/12/2020). 

Rozak mengungkapkan, selain tidak diperbolehkan untuk merayakan malam pergantian tahun. Pihaknya juga telah mengintruksikan kadernya, untuk terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat. 

Pasalnya, lanjut Rozak, salah satu faktor meningkatnya angka positif Covid-19, satu diantaranya lalai atau abai dalam protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. 

"Kami juga telah memberikan intruksi kepada para kader ansor untuk menjadi agen protokol kesehatan. Minimal, di lingkungan terdekat kader kami penerapan protokol kesehatan harus sudah menjadi kebiasaan, hal itu semata-mata untuk memutus mata rantai Covid-19," ujar Rozak. 

Rozak menambahkan, sejatinya malam pergantian tahun diisi dengan kegiatan yang positif. Salah satunya, misalnya melakukan baca al-quran dirumah masing-masing sebagai tanda syukur kepada Tuhan masih diberikan kesehatan ditengah pandemi Covid-19. 

"Kita merekomendasikan kader-kader di malam pergantian tahun untuk perbanyak baca al-quran atau bershalawat, menikmati dan mensyukuri masih diberikan perlindungan dan kesehatan dari paparan Covid-19," pungkasnya. 

Untuk diketahui, selain melarang kadernya untuk merayakan malam pergantian tahun. GP Ansor Kota Bandung juga turut membagikan 1000 masker, Hand Sanitazer dan Kalender 2021 kepada kadernya untuk dibagikan kepada masyarakat menjelang Tahun Baru 2021. (Ridwan Abdul Malik)