Hasil Rapid Test Libur Natal di Kota Bandung, 12 Orang Dinyatakan Positif

Hasil Rapid Test Libur Natal di Kota Bandung, 12 Orang Dinyatakan Positif
Foto: Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung telah melakukan rapid test antigen kepada 432 orang selama libur Natal kemarin. Hasilnya, 12 orang dinyatakan positif Covid-19. 

"Di Kebun Binatang didapat tiga orang, dan sembilan orang dari Terminal Leuwipanjang. Test di terminal dilakukan sejak 24 Desember, dan 26 Desember di Kebun Binatang," kata Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara, Senin (28/12/2020). 

Dia menuturkan, ke-12 orang tersebut berasal dari berbagai daerah dan sudah dirujuk ke ruang isolasi. Mereka pun dipastikan akan mengikuti test lanjutan yakni polymerase chain reaction (PCR). 

"Ini bukan diagnosa, tetapi lebih ke screening sehingga harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan PCR. Selain harus isolasi, ke-12 orang yang dinyatakan positif ini kita larang untuk bepergian," ucapnya. 

Menurutnya, pelaksanaan rapid test antigen yang dilakukan Dinkes Kota Bandung akan terus digelar hingga 8 Januari 2021 atau setelah libur panjang akhir tahun berakhir. 

"Yang positif ini mereka yang akan melakukan perjalanan ke luar kota untuk yang Terminal. Sementara di Kebun Binatang Bandung, mereka wisatawan yang berasal dari luar Kota Bandung," ucapnya. 

Di luar hal itu, Ahyani mengatakan bahwa tingkat keterisian tempat tidur di 28 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 mencapai 90 persen. Pasien yang dirawat berasal dari dalam dan luar Kota Bandung. 

"Kalau tingkat keterisian di Kota Bandung sekitar 90 persen. Tetapi untuk pasien yang terpapar namun tanpa gejala, kita imbau melakukan isolasi mandiri di rumah didampingi petugas dari puskesmas," ujar dia. 

Namun, kata dia, apabila tidak memungkinkan dapat melakukan isolasi diri di rumah sakit. Dia menyebutkan, pasien Covid-19 didominasi pasien berstatus tanpa gejala di rentang usia 20 hingga 50 tahun. (Yogo Triastopo)